Iklan

Selasa, 03 Agustus 2021, 09.34.00 WIB
Last Updated 2021-08-03T02:34:18Z
Kabar Asahan

Asahan PPKM Level 3, Ketua Satgas Minta RSU Siapkan Ketersediaan BOR

Berita Viral


Asahan- Metrolangkat-binjai.com


Tim Satuan Tugas  Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan gelar diskusi penerbitan terkait Imbauan bersama tentang aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM) Level 3 masa pandemi Corona Virus Disease 2019 ( COVID-19) di Kabupaten Asahan berlangsung diaula Mawar kantor Bupati Asahan, Senin (2/8/2021)


Penerbitan imbauan aturan PPKM Level 3 pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Asahan merujuk Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 26 tahun 2021, kemudian Instruksi Gubernur Sumatera Utara Nomor  188.54/31/INST/2021 dan Intruksi Bupati Asahan Nomor 6-BPBD-Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 dan pengoptimalan posko Penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan.


Semua itu dikatakan Bupati Asahan H. Surya, selaku Ketua Satgas  Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan pada saat memimpin diskusi


Dalam diskusi itu,Bupati Asahan minta agar tim dapat  mengatur pedoman pelaksanaan kegiatan masyarakat antara lain pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring/online.Selanjutnya  aturan pelaksanaan kegiatan di tempat pekerjaan, aturan pelaksanaan kegiatan untuk para pedagang.


Lalu aturan kegiatan makan/minum ditempat umum, aturan pelaksanaan kerja pada toko swalayan minimarket dan supermarket, aturan pelaksanaan tempat ibadah, aturan kegiatan pelaksanaan olahraga/pertandingan olahraga, aturan pelaksanaan resepsi pesta dan aturan lain-lainnya yang nantinya akan disepakati secara bersama dan menjadi imbauan bersama papar Bupati Surya.


Sebelum menutup diskusi, Bupati H.Surya minta dan  berharap setiap rumah sakit dapat menyiapkan ketersedian Bed Occupancy Ratio (BOR) secara sederhana. BOR Rumah Sakit diminta Bupati untuk memenuhi  kapasitas tempat tidur perawatan pasien untuk merawat pasien Covid-19 pada RS dalam suatu daerah.


" Mari ita berdoa agar wabah Covid-19 dapat segera hilang dan berlalu" ajak Bupati


Sementara Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, mohon agar  setiap Rumah Sakit dapat melakukan pengawasan kepada pasien yang terpapar Covid-19 dan tetap melakukan koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan.


"Hingga hari ini kita telah melakukan upaya-upaya agar angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Asahan dapat menurun. Kita telah  melakukan penegakan protokol kesehatan, melakukan ops penyekatan dan menggelar Operasi Yustisi


Dan untuk menekan angka penyebaran Covid 19 kita harus terus melaksanakan vaksinasi covid-19 massal, menambah vaksinator, menyediakan obat anti virus dan memberikan imbauan kepada masyarakat tentang betapa pentingnya menerapkan prokes Covid-19 kata Kapolres.


Selanjutnya Dandim 0208/Asahan meminta agar setiap Rumah Sakit menyediakan 20-30 persen tempat tidur  dari jumlah seluruh tempat tidur yang tersedia  disetiap Rumah Sakit untuk penanganan pasien yang terpapar Covid-19, pinta Dandim


Ikut diskusi.antara lain Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Kajari Kabupaten Asahan, Ketua PN Kisaran, mewakili Danlanal Tanjung Balai Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, OPD, para pimpinan Rumah Sakit di Kabupaten Asahan (Pram)