Iklan

Senin, 30 Agustus 2021, 17.45.00 WIB
Last Updated 2021-08-30T10:45:35Z
Berita Hari Ini

Binjai Turun Level Menjadi Zona Orange Dari Merah

Berita Viral


 Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pusat, saat ini Kota Binjai sudah turun dari Zona Merah dan masuk dalam status Zona Orange dalam penyebaran Covid-19.


Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai Dr Sugianto Sp.Og, saat dikonfirmasi awak media di Kantor Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, Senin (30/8) Siang.


"Benar, kini Kota Binjai sudah dalam level Zona Orange. Data tersebut didapat dari Satgas Covid-19 Pusat," ungkap Dr Sugianto, sembari mengatakan, status Orange untuk Kota Binjai sudah ditetapkan sejak 5 hari yang lalu.


Pun begitu, lanjut Dokter Spesialis Kandungan ini, ia tetap menghimbau masyarakat agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) serta mematuhi 5M. "Kepada masyarakat hendaknya tetap berhati hati. Walau Kota Binjai sudah berada di level Zona Orange, namun kami tetap menghimbau untuk tetap mematuhi 5M," urai Dr Sugianto.


Tidak hanya itu, lanjut Dr Sugianto, guna terus menekan penyebaran Covid-19, Pemko Binjai bersama Institusi maupun Dinas terkait, tetap melaksanakan Operasi Yustisi.


"Walau berstatus Zona Orange, namun sampai saat ini 

untuk Operasi Yustisi tetap kita gelar. Pelaksanaannya setiap Jum'at malam dan Sabtu malam. Sedangkan untuk penyekatan kita lakukan selama 3 hari dalam Seminggu, yaitu hari Jumat, Sabtu dan Minggu," urai Dr Sugianto. 


Disinggung adanya Spanduk yang masih terpasang dengan tulisan "Binjai Zona Merah" Dr Sugianto mengakuinya. "Memang masih ada beberapa daerah yang masih rawan, kita lihat landainya. Karena ada sekitar 7 lingkungan yang masih rawan. Lokasinya masih tersebar di beberapa Kecamatan yang ada di Kota Binjai," beber Kadis Kesehatan Kota Binjai.


Diakui Dr Sugianto, turunnya Status Zona Merah menjadi Zona Orange untuk Kota Binjai, karena masyarakat mematuhi Prokes serta mematuhi Edaran Walikota Binjai dan juga semenjak diterapkannya PPKM di Kota yang berjuluk Kota Rambutan ini.


"Alhamdulillah ada penurunan yang signifikan, artinya dari tanggal 26 Agustus, sudah landai kalau saya perhatikan. Artinya, Pak wali mengambil kebijakan untuk penyekatan dan razia itu jelas dampaknya sangat menurun," tutur Dr Sugianto diakhir pembicaraannya. (Kus)