Iklan

Rabu, 25 Agustus 2021, 21.35.00 WIB
Last Updated 2021-08-25T14:35:53Z
Berita Hari Ini

BPKAD Himbau Pengusaha Kafe Dan Restoran Hadiri Sosialisasi Pajak

Berita Viral
Kepala BPKPAD (Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah) Kota Binjai Affan Siregar


 Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Kepala BPKPAD (Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah) Kota Binjai Affan Siregar, menghimbau kepada para pengusaha Restoran, Cafe serta Rumah Makan, agar menghadiri undangan sosialisasi Pajak yang sedang digelar mulai tanggal 23 - 27 Agustus 2021, di Gedung Olahraga Binjai, Jalan Jambi, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan.


Karena menurutnya, sosialisasi yang digelar akan memberikan pemahaman lebih jauh kepada para pengusaha terkait kewajiban pajak yang saat ini sedang digencarkan pihaknya.


"Pemerintah tidak membebani pengusaha. Sebab sebenarnya Pajak adalah kewajiban dari konsumen yang dititipkan kepada pengusaha. Jadi si pengusaha hanya kami mintai tolong mengutipnya untuk di setorkan ke BPKPAD. Persoalannya sekarang, pengusaha tidak mengutipnya ke konsumen, padahal sudah ada ketentuan perundang-undangan tentang Pajak Daerah, bahkan juga ada Perda no 3 tahun 2011 dan Perwal no 3 tahun 2011 tentang Pajak Daerah," ungkap Affan, ketika ditemui diruangannya, Rabu (25/8).


Affan Siregar juga mengatakan, Pemerintah sama sekali tidak berniat ingin menekan pengusaha. Justru sebaliknya, yaitu Pemerintah ingin pengusaha berkembang dan pulih di masa Pandemi Covid.


"Maka saya harapkan agar para pengusaha datang saat sosialiasi pajak yang kami gelar di GOR Binjai. Sebab KPP Pratama akan menjelaskan lebih dalam tentang kewajiban Pajak bagi pengusaha," ungkap Affan, didampingi Kabid Retribusi dan Pajak Daerah, Elfitra.


Sedangkan terkait surat tagihan yang dilayangkan BPKPAD kepada sejumlah pengusaha di Kota Binjai, Affan menyebut bahwa itu bisa diklarifikasi para pengusaha lewat sosialisasi yang digelar pihaknya.


"Ya, kami sudah menyediakan ruang kepada para pengusaha untuk mengklarifikasinya lewat sosialisai yang sudah kami buka mulai dari Senin 23 - 27 Agustus 2021. Namun dari 100 pengusaha yang diundang, hanya sekitar 17 orang yang datang. Padahal kegiatan tersebut penting dihadiri," jelas Affan.


Disitu nanti (sosialisasi pajak-red), lanjut Affan, para pengusaha akan diberikan Form untuk diisi terkait omset perhari. "Tapi ingat, pengusaha diminta jujur melaporkan omset. Sebab ada konsekuensi hukumnya. Karena selama kegiatan, BPKPAD didampingi oleh Kejari Binjai," bebernya, sembari menambahkan, bahwa BPKPAD menargetkan 10 Miliar pendapatan dari Pajak Restoran, Cafe dan Rumah Makan. (Kus)