Iklan

Selasa, 10 Agustus 2021, 15.34.00 WIB
Last Updated 2021-08-10T08:34:48Z
Kabar Asahan

H.Surya Minta Hutan Kota TGS di Tata Rapi Sebagai Kawasan Kuliner & Usaha Mikro

Berita Viral

Asahan- Metrolangkat-binjai.com


Hutan kota Taufan Gama Simatupang (TGS) Kisaran yang terletak di jalan Jenderal Sudirman, persis didepan Makodim 0208 AS bakal dijadikan tempat kawasan usaha kuliner dan usaha kecil mikro. Tujuannya agar warga atau masyarakat Asahan yang berwisata dapat menikmati makanan khas Asahan.


Hal itu dikatakan Bupati Asahan H. Surya,saat meninjau hutan kota TGS  bersama Sekdakab Asahan, Asisten Administrasi Umum, Kadis PU PR, Kadis Kopdag, Kadis Kominfo dan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan, Selasa (10/08/2021).


Saat meninjau Bupati Asahan H. Surya, minta kepada Dinas PUPR agar  dapat memperbaiki fasilitas yang ada di hutan kota TGS Kisaran dan menyediakan lokasi parkir bagi kendaraan serta memberikan akses jalan keluar masuk kendaraan.


"Saya minta jalan akses keluar masuk  hutan Kota TGS Kisaran segera dikerjakan karena hutan kota ini akan dijadikan kawasan kuliner. Selain itu H.Surya minta agar seluruh kios UMKM yang berada di lokasi Hutan Kota TGS Kisaran dapat diaktifkan sebagai usaha mikro.


Sehingga masyarakat Kabupaten Asahan yang berwisata di hutan kota TGS Kisaran dapat menikmati jajanan kuliner  Asahan dan kedepannya hutan TGS dapat menjadi salah satu ikon wisata Kabupaten Asahan.


" Kita berharap dengan dimanfaatkannya hutan kota TGS dapat menambah Penghasilan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Asahan. Karena nanti setiap pedagang akan dikenakan biaya retribusi, tetapi biaya retribusinya tidak akan memberatkan pedagang kuliner tersebut.


Selain itu kita tetap mengutamakan pedagang yang berjualan di sekitar alun-alun Rambate Rata Raya Kota Kisaran.yang bersebelahan dengan mesjid Agung H.Ahmad Bakrie Kisaran sebagai ikon wisata religi yang dimiliki Kabupaten Asahan" jelas H.Surya.


Untuk itulah, Bupati Surya minta kepada  Dinas Koperasi dan Perdagangan  Asahan, supaya dapat mendata pedagang yang ada di alun-alun Kota Kisaran dan membuat peraturan atau kesepakatan kepada para pedagang tentang mekanisme berjualan di Hutan Kota TGS Kisaran dan alun-alun.


"Tata rapi para pedagang yang akan berjualan disini, ingatkan mereka untuk tidak meninggalkan barang apapun dan menjaga kebersihan lokasi tempat berdagangnya dan jangan lupa mematuhi semua peraturan terlebih peraturan kesehatan COVID 19, pesan Bupati Asahan kepada Dinas Kopdag.(Pram)