Iklan

Kamis, 05 Agustus 2021, 16.39.00 WIB
Last Updated 2021-08-05T15:46:13Z
Berita Terkini

Jangan Beraktifitas Diluar Rumah, Binjai Masuk Zona Merah Penyebaran Covid-19

Berita Viral

 

Kepala Dinas Kesehatan Dr Sugianto Sp.Og. 

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Saat ini, Kota Binjai menjadi salah satu dari 5 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, yang masuk dalam "Zona merah" atau wilayah dengan resiko penularan tinggi Virus Corona di Indonesia.


Hal itu berdasarkan dari salahsatu sumber media cetak ternama di Kota Medan. Menyikapi hal itu, awak media mencoba melakukan konfirmasi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, melalui Kepala Dinas Kesehatan Dr Sugianto Sp.Og. Menurutnya, hal itu berdasarkan data terakhir dari Satgas Penanganan Covid-19 memperbaharui data sebaran Zona merah.


"Kalau untuk status Zona, tentunya kami menunggu keputusan resmi dari Gubernur Sumatera Utara, dan kemudian akan disampaikan oleh Pak Wali (Walikota Binjai-red). Sedangkan dari pemberitaan yang saya baca disalah satu media cetak, data itu berasal dari Pusat. Jadi saat ini bukan kapasitas saya untuk mengatakan bahwa Kota Binjai Zona merah. Pun begitu, kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan serta hindari kerumunan," ungkap Dr Sugianto, saat dikonfirmasi awak media, Kamis (5/8).


Tidak hanya itu, Dokter Spesialis kandungan ini juga menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak beraktifitas diluar rumah jika tidak berkepentingan. "Jangan keluar rumah kalau tidak perlu. Ingat!! Cafe Cafe juga harus sadar akan hal ini," tegasnya, seraya meminta kepada warga untuk mengasumsi suplemen serta perbanyak makan buah buahan.


Sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, Dr Sugianto juga berharap kepada para wartawan, agar ikut berperan aktif serta ikut membantu mensosialisasikan 5 M. 


"Surat Edaran Walikota Binjai agar dipatuhi setiap pemberi pelayanan maupun masyarakat. Dalam hal ini, kami juga berharap kepada wartawan agar harus ambil andil. Himbau Cafe Cafe yang ada agar mematuhi Prokes. Hal itu agar tidak muncul klaster baru penyebaran Covid-19," ujar Dr Sugianto diakhir pembicaraannya.


Dari data yang diterima redaksi dari salah satu media cetak ternama "Waspada" data terakhir per 1 Agustus yang dirilis pada 3 Agustus kemarin, terdapat 240 Kabupaten/Kota yang masuk dalam Zona merah. Sementara di Provinsi Sumatera Utara, ada 5 Kabupaten/Kota yang masuk dalam Zona merah.


Adapun 5 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara yang saat ini masuk dalam Zona merah yaitu Kota Medan, Kota Pematang Siantar, Kota Binjai, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Dairi. (Kus)