Iklan

Senin, 16 Agustus 2021, 23.30.00 WIB
Last Updated 2021-08-16T16:30:12Z
Berita Hari Ini

Masyarakat Wampu Datangi Kantor HKI Zona 3 Pertanyakan Kesepakatan

Berita Viral
Masyarakat yang mengatasnamakan Forum Konsultasi Masyarakat Wampu (FKMW) melakukan aksi damai di depan Kantor PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Zona tiga


Wampu- Metrolangkat-binjai.com

Sekumpulan masyarakat yang mengatasnamakan Forum Konsultasi Masyarakat Wampu (FKMW) melakukan aksi damai di depan Kantor PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Zona tiga yang bertempat di Desa Gohor Lama, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, pada Senin (16/08) Sekira Jam 13.15 WIB.


Dalam aksinya, FKMW meminta HKI Zona tiga untuk tetap merawat fasilitas yang ada. "Kami mendukung penuh program pemerintah dalam bidang Infrastruktur, bangun yang belum ada tapi jangan rusak yang sudah ada," kata Junaidi selaku Koordinator Lapangan dalam orasinya.

FKMW juga meminta Pimpinan HKI Zona 3 untuk mengklarifikasi kesepakatan yang dibuat oleh PT HKI Zona tiga dengan stakeholder setempat yang dinilai masih menjadi misteri.


 "Meminta kepada pihak HKI untuk menghadirkan langsung Pimpinan HKI Zona tiga yang memiliki Otoritas Penyelesaian Masalah dengan masyarakat selama 3 X 24 Jam," ucapnya.


Junaidi menegaskan bahwa FKMW juga akan menyurati DPRD Kabupaten Langkat. "Apabila permintaan kami tidak diindahkan, kami akan menyurati DPRD Langkat untuk mengadakan Rapat Dengar Pendapat dengan menghadirkan bapak Bupati Langkat, Forkopimda dan Steakholder terkait," ucapnya.


Adapun kesepakatan yang dinilai masih menjadi misteri yakni :


1. Penyiraman jalan secara kontiniyu sesuai dengan kebutuhan menggunakan water tank, dengan melibatkan masyarakat setempat.


2. PT HKI akan menjaga dan memperbaiki jalan dan fasilitas pendukung yang rusak (akses yang dilewati kendaraan proyek.


3. PT HKI akan mengakomodir untuk merekrut warga sekitar, bekerja sama dengan unsur kepamudaan untuk bekerja di proyek dengan persyaratan dan prosedur PT HKI.


4. Dump Truck yang mengangkut material yang melewati jalan dibatasi kecepatannya 20 KM/Jam dan tidak konvoi tutup terpal.


5. Terkait peraturan daerah, PT HKI akan mematuhi perda yang berlaku.


6. PT HKI akan mengakomodir kegiatan CSR di lingkungan proyek, berkoordinasi dengan aparat desa, kelurahan dengan unsur kepemudaan.


7. PT HKI tetap diperbolehkan melalui jalan akses tersebut, dengan syarat-syarat yang telah disepakati.


Dalam aksi tersebut Andi selaku Humas HKI Zona tiga sempat menemui masyarakat yang melakukan orasi. "Kita bisa terima perwakilan masyarakat empat orang aja," ucapnya.


Tak berselang lama kericuhan pun terjadi di depan gerbang kantor HKI yang dipicu orang yang tak dikenal dan mengaku-ngaku dari media. Personil polisi berhasil meredam kericuhan tersubut dan akhirnya masyarakat yang melakukan aksi membubarkan diri. (Zar)