Iklan

Senin, 16 Agustus 2021, 22.25.00 WIB
Last Updated 2021-08-16T15:25:48Z
Berita Hari Ini

Pangdam 1/BB Periksa Kesiapan Operasi Satgas Ops Pamrahwan

Berita Viral


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin, melaksanakan Pemeriksaan Kesiapan Operasi Satgas Ops Pengamanan Daerah Rawan Maluku dan Maluku Utara Batalyon Arhanud 11/WBY TA 2021, di Lapangan Mako Yonarhanud 11/WBY Jalan Bejomuna, Kecamatan Binjai Timur, Senin (16/8).


Sebanyak 500 personel Satgas Yonarhanud 11/WBY yang telah menyelesaikan Latihan Pratugas selama 14 hari direncanakan akan ditugaskan selama 9 Bulan untuk menjaga stabilitas keamanan dan pembangunan di daerah rahwan Maluku dan Maluku Utara. 


Sebab, tugas Pamrahwan merupakan salah satu implementasi tugas TNI dalam Operasi Militer selain Perang (OMSP), sebagaimana tercantum dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.



Dalam amanatnya, Pangdam I/Bukit Barisan menyampaikan bahwa pemeriksaan kesiapan operasi bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan kesiapan satuan Batalyon Arhanud 11/WBY, mulai dari masing masing perorangan, tingkat regu, hingga tingkat satuan dalam hubungan Batalyon. Dengan kesiapan operasi yang sesuai standar, diharapkan tugas operasi dapat dilaksanakan secara profesional, proporsional dan penuh tanggung jawab.


“Segera laksanakan orientasi wilayah penugasan, pelajari karakteristik medan, situasi dan kondisi daerah setempat, sehingga bila terjadi hal hal yang tidak diinginkan yang berkaitan dengan kondusifitas wilayah penugasan, khususnya pada aspek keamanan masyarakat, dapat segera diatasi dengan mengambil tindakan yang tepat dan cepat," ungkapnya.


Kepada para unsur pimpinan Satgas, Mayjen TNI Hassanudin juga menekankan, untuk melaksanakan komando dan pengendalian secara optimal, efektif dan efisien sehingga setiap saat satuan selalu siap untuk digerakkan.


Disamping itu, lanjut Perwira Tinggi TNI AD ini, seluruh prajurit harus mempedomani dan menerapkan hasil latihan pratugas sebagai bekal pelaksanaan tugas di daerah operasi.


“Pahami dan kuasai medan, serta situasi yang berlaku di daerah operasi dari kemungkinan terjadinya ancaman, guna mengeliminir kerugian personel dan materiil," lanjut Pangdam. 


“Selalu berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, jaga kesehatan dan tetap laksanakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan," pungkas Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Hassanudin diakhir amanatnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Asrendam I/BB, Asintel Kasdam I/BB, Asops Kasdam I/BB, Aspers Kasdam I/BB, Aslog Kasdam I/BB, Aster Kasdam I/BB, Kakesdam I/BB, Kabekangdam I/BB, Kapaldam I/BB, Kakumdam I/BB, Kahubdam I/BB, Katopdam I/BB, dan Kapendam I/BB. (Kus)