Iklan

Rabu, 11 Agustus 2021, 17.04.00 WIB
Last Updated 2021-08-11T10:04:15Z
Berita Hari Ini

Pemko Binjai Terus Tekan Angka Penyebaran Covid-19 Dengan Melakukan Hal Ini

Berita Viral


 Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Menjadi salahsatu Kota dari 5 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara dengan yang masuk dalam status "Zona Merah" atau wilayah dengan resiko penularan tinggi Virus Corona di Indonesia, membuat Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, terus berusaha keras untuk menekan angka penyebaran Covid-19.


Beberapa kebijakan seperti menjalankan instruksi/edaran Walikota Binjai, membatasi jam operasi bagi para pelaku usaha, hingga tidak dikenakan untuk menggelar resepsi pernikahan, terus disosialisakan oleh Instansi terkait.


Tidak hanya itu, sosialisaai berupa himbauan yang ditulis di Spanduk dan dipasang di pintu masuk pemukiman warga, juga dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. 


Upaya Pemerintah Kota Binjai untuk menekan angka penyebaran Covid-19 juga dilakukan dengan mendirikan Posko untuk melakukan penyekatan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) bagi warga yang ingin atau menuju ke Kota Binjai.


Dilaksanakannya kegiatan penyekatan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) bagi warga yang ingin atau menuju ke Kota Binjai tersebut dibenarkan oleh Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Binjai, Wan Riski. Diakuinya, upaya itu juga bertujuan agar tidak menimbulkan klaster baru penyebaran Disease Coronavirus 2019 (Covid-19).


"Benar, kami bersama Satgas Penanganan Covid-19, BPBD, Dishub, Camat, Lurah dan Kepling, serta Institusi terkait, terus melakukan upaya untuk menekan angka penyebaran Covid, salah satunya adalah melakukan penyekatan PPKM di Posko Posko yang ada. 


Pemeriksaan dengan tetap mematuhi Prokes tersebut, kami lakukan kepada kendaraan yang masuk atau keluar Kota Binjai," ungkap Plt Kasatpol PP Kota Binjai, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (10/8) malam, sembari mengatakan, kegiatan itu merupakan perpanjangan PPKM hingga 23 Agustus 2021 mendatang.


Ia juga menambahkan, sebagai perangkat Pemerintah Daerah dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah, Satpol PP Kota Binjai juga ikut dalam melaksanakan Operasi Yustisi yang dilaksanakan oleh Tim Gabungan bersama Polres Binjai, Kodim 0203/LKT, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Binjai.


Sebagai Plt Kasatpol PP Kota Binjai, Wan Riski juga menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi Instruksi/Edaran dari Walikota Binjai.


"Sebagai perangkat Pemerintah Daerah, kami bertugas untuk menegakkan Perda, menyelenggarakan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat. 


Untuk itu, kami himbau masyarakat untuk mematuhi Prokes dan tetap membudayakan 5M dalam kehidupan sehari hari," himbau Wan Riski diakhir pembicaraannya, seraya menambahkan, saat ini Binjai dalam status Zona Merah Level lll. 


Pantauan awak media, untuk menekan angka penyebaran Covid-19, Pemko Binjai juga menutup sementara beberapa fasilitas umum yang kerap dikunjungi masyarakat, seperti Taman Balita, Taman Remaja, Taman PGRI dan Titi Kembar.


"Binjai Zona Merah. Taman ini ditutup sementara," berikut isi tulisan yang dipasang oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, di Pintu masuk beberapa Taman yang ada di Kota Binjai. (Kus)