Iklan

Senin, 23 Agustus 2021, 20.40.00 WIB
Last Updated 2021-08-23T13:40:08Z
Berita Terkini

Penyidik Polres Binjai Kirimkan SPDP Tiga Tersangka Pengroyok Polisi

Berita Viral

 

Kepling Kampung Tanjung, Irwansyah Nasution (Kaos Putih) saat dimintai keterangannya di Satnarkoba Polres Binjai beberapa hari lalu

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Penyidik Satreskrim Polres Binjai sudah mengirimkan SPDP (Surat Perintah Dimulainya Penyidikan) Pelaku pengeroyokan anggota Satresnarkoba Polres Binjai berinisial Aiptu Sur, kepada Kejari Binjai. 


Hal itu juga dibenarkan oleh Kasi Intel Kejari Binjai, Iwan Roy, saat dikonfirmasi sejumlah awak media, Senin (23/8).


"Pelakunya tiga orang. SPDP dikirim tanggal 18 Agustus 2021," ucap Iwan Roy.


Dirinya menjelaskan, ketiga tersangka adalah Acin, Wandi alias Awi dan Siti Fatimah alias Kia. Mereka disangkakan dengan Pasal 170, yaitu penganiayaan secara bersama sama. 


"Awi dan Kia turut terlibat melakukan pengeroyokan. Sementara Acin yang juga melakukan penganiayaan adalah terduga bandarnya yang memiliki narkoba," tambahnya. 


Terpisah, Kasat Reskrim Polres Binjai AKP Yayang Rizki Pratama, juga membenarkan adanya pelaku pengeroyokan yang ditangkap. Menurutnya, para pelaku saat ini sudah ditahan.


Disinggung apakah ketiga tersangka memiliki hubungan keluarga, Kasat Reskrim Polres Binjai membenarkannya.


"Ya, ada hubungan keluarga. Kita melakukan penahanan," ujarnya. 


Diberitakan sebelumnya, Oknum Polisi Satnarkoba Polres Binjai berinisial Sur dan berpangkat Aiptu, dikeroyok oleh terduga keluarga terduga bandar narkoba di Kampung Tanjung, Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, Senin (16/8) kemarin, sekira Pukul 22.00 Wib.


Menurut beberapa sumber, kejadian bermula saat Oknum Polisi Polres Binjai yang dikeroyok tersebut melakukan penyamaran disekitar TKP. Namun, saat hendak melakukan penangkapan terhadap terduga bandar narkoba bernisial AC yang merupakan pria keturunan Tionghoa, penyamaran oknum Polisi tersebut terlebih dahulu diketahui oleh keluarga terduga.


Akibatnya, oknum Polisi yang juga merupakan Katim 1 Satnarkoba Polres Binjai itu, sempat terjadi adu mulut yang berujung dengan aksi peneroyokan oleh 3 orang, yaitu AC, AW (adik AC) serta KI yang merupakan istri AC, disebuah Gang kecil yang berada di Kampung Tanjung, Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota.


Menurut Kepala Lingkungan (Kepling) Kampung Tanjung, Kelurahan Pekan Binjai yang bernama Irwansyah Nasution, pasca pengeroyokan malam itu, ia mengakui ada dua warganya yang diamankan oleh pihak kepolisian dari Polres Binjai. 


"Dua orang diamankan Polisi, yaitu AW dan KI. Kalau AC katanya kabur," urai Irwansyah Nasution saat dimintai keterangannya diruang Juper Satnarkoba Polres Binjai, Selasa (17/8) Sore.


Akibat dari pengeroyokan yang dilakukan terduga bandar narkoba beserta keluarganya itu, Aiptu Sur mengalami luka lebam dan bengkak dibagian muka (pelipis mata). Ia pun melaporkan kejadian itu ke Satreskrim Polres Binjai.


Pasca pengeroyokan, Polisi Polres Binjai memburu terduga pelaku pengeroyokan. Akhirnya, 2 orang berhasil diamankan disekitar TKP, yaitu AW dan KI. Sementara AC masih dikejar Polisi karena berhasil kabur (DPO).


"Saya tidak tau ditangkapnya dimana. Saya cuma diperiksa untuk dimintai keterangan," urai Kepling Kampung Tanjung, Irwansyah Nasution.


Lebih lanjut dikatakan Irwansyah, pasca diamankan oleh Polisi, AW dan KI diboyong kerumah AC untuk melakukan penggeledahan rumah guna mencari barang bukti. "Polisi berhasil menemukan butiran kristal berwarna putih yang diduga narkoba jenis Sabu Sabu," ujar Iwan, sapaan akrab Irwansyah Nasution.


Kini, Kedua terduga pelaku pengeroyokan yang berhasil diamankan diperiksa secara intensif oleh Polres Binjai. "Kalau KI saat ini di Satreskrim lagi diperiksa atas laporan Aiptu Sur. Sedangkan AW sedang menjalani pemeriksaan juga di Satnarkoba. Ini kita lagi periksa Keplingya pasca pengeledahan rumah AC yang status suami dari KI," ungkap Bripka Budi, Juru Periksa Satnarkoba Polres Binjai, Selasa (17/8). (Kus)