Iklan

Minggu, 08 Agustus 2021, 12.02.00 WIB
Last Updated 2021-08-08T05:02:26Z
Berita Hari Ini

PW DMI Sumut Gelar Pelatihan Manajemen Masjid Zona 1

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Sumut dibawah kepemimpinan Irhamuddin Siregar MA, kembali melaksanakan Pelatihan Manajemen Masjid Zona 1 Sumatera Utara bagi para pengurus Masjid.


Dikatakan Irhamuddin Siregar, adapun Pelatihan yang digelar di Aula MUI Binjai yang beralamat di Jalan Olahraga, Kecamatan Binjai Timur, Sabtu (7/8) kemarin, merupakan bagian dari Progaram PW DMI Sumut, kepada para pengurus Masjid ataupun para BKM yang setia dan selalu memikirkan kemaslahatan Jamaah.


"Benar, kegiatan tersebut merupakan program PW DMI Sumut. Sedangkan untuk para peserta pelatihan ini adalah para BKM Masjid yàng masuk dalam Zona 1, yaitu Kota Medan, Binjai, Langkat, Deli Serdang, dan Serdang Bedagai," ucap Irhamuddin Siregar, saat dikonfirmasi awak media, Minggu (8/8).


Ucapan terima kasih dan rasa syukur juga disampaikan oleh Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua DMI Binjai ini kepada para peserta pelatihan yang terlihat sangat antusias dan tekun mengikuti kegiatan tersebut.


"Mari kita terus bersinergi dalam mengurus Masjid. Kami berharap pengurus Masjid kedepannya harus mempunyai visi dan misi yang bagus. Hal itu agar Masjid kita dapat berpariatif, inovatif dan menyenangkan ummat," ungkapnya.


Sebagai Ketua PW DMI Sumut, Irhamuddin Siregar juga menegaskan, secara Nasional DMI mempunyai Motto Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid. Sedangkan Motto untuk PW DMI Sumut adalah Masjid yang menyenangkan dan mengenyangkan.


Sedangkan untuk pelaksanaan Pelatihan Manajemen Masjid Zona 1 Sumatera Utara, menurut Irhamuddin Siregar, akan dilakukan setiap bulannya.


"Pelaksanaan ini akan rutin dilaksanakan setiap sebulan sekali. Hal itu melihat begitu pentingnya para BKM mendapatkan informasi informasi aktual tentang kemasjidan," katanya.


Sementara itu, H Jafar Sahbuddin Ritonga DBA, yang dipercaya sebagai narasumber dalam kegiatan itu menghimbau kepada para pengurus Masjid, agar jangan pernah menyerah untuk mengabdikan diri.


"Sebab Masjid bukanlah hanya untuk Sholat saja. Masjid harus berkembang dengan manajemen ekonomi berbasis Masjid, sehingga dapat memiliki Unit Usaha sesuai standar kebutuhan jamaah dan masyarakat," bebernya.


Ditempat yang sama, Dedi Iskandar Zulkarnain, selaku Translucent Business Manager BSI Sumut, yang hadir dan juga dipercaya sebagai narasumber dalam kegiatan itu mengatakan, Pengurus Masjid sudah sepantasnya berinovatif dan berfikir agar dapat memberikan kontribusi atau dapat membantu masyarakat dari sisi ekonomi.


Tidak hanya itu, lanjut Dedi, agar masyarakat luas mudah berinfaq, maka ia menghimbau kepada para peserta maupun masyarakat, agar berinfaq dengan cara digital. 


"Caranya mudah, yaitu cukup dengan QRIS. Sebab, hanya dengan memakai Barcode saja, maka secara otomatis sudah masuk ke rekening Masjid. Hal tersebut juga untuk mempermudah petugas Bank BSI mendata mana Masjid yang mendapat QRIS," urai Dedi Iskandar Zulkarnain.


Agar Masjid dapat masuk dalam aplikasi QRIS, menurut Dedi, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi, seperti domisili Masjid, Akta pendirian Masjid, SK BKM dan struktur kepengurusan BKM.


"Untuk pembukaan rekening Tahap awal Free of Charge, atau tidak dipungut biaya sepseser pun," demikian kata Dedi, didampingi oleh Jimmy, perwakilan BSI Cab Petisah. 


Turut hadir dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua PW DMI Sumut, Irhamuddin Siregar MA, Ketua MUI Binjai DR HM Jamil MA, tokoh agama serta tokoh masyarakat Ustadz Drs Zaharuddin MA, serta para peserta latihan. (Kus)