Iklan

Jumat, 13 Agustus 2021, 13.56.00 WIB
Last Updated 2021-08-13T06:56:09Z
Metro Binjai

Selama Level 3 Walikota Binjai Tutup Lapangan Merdeka

Berita Viral


 Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Status Kota Binjai saat ini masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 daerah Pandemi Covid-19.


Berdasarkan hal tersebut, Walikota Binjai mengeluarkan kebijakan/instruksi dengan nomor 188.55-5942, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.



Salah satu instruksi Walikota Binjai adalah menutup beberapa lokasi keramaian masyarakat, termasuk Lapangan Merdeka Binjai yang beralamat di Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota. 


Ditutupnya beberapa lokasi keramaian masyarakat bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan munculnya klaster baru.


Pun begitu, walau sejumlah lokasi keramaian masyarakat di Kota Binjai ditutup untuk sementara, namun Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-76 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang, tetap dilaksanakan di Lapangan Merdeka Binjai.


Hal itu dibenarkan oleh M Irwansyah Nasution, yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Binjai. Menurutnya, Upacara peringatan HUT RI Ke-76 di Kota Binjai, tetap dilaksanakan di Kota Binjai.


"Kalau upacara peringatan HUT RI Ke-76 tetap kita gelar di lapangan merdeka Binjai," ungkap M Irwansyah Nasution saat ditemui diruangannya, Jumat (13/8).


Pun begitu, lanjutnya, pelaksanaan Upacara tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang cukup ketat.


"Artinya, Prokes kita terapkan cukup ketat. Bahkan peserta upacara sangat sangat kita batasi," urai pria yang akrab disapa Iwan Enjes ini.


Disinggung apakah Forkopimda Binjai akan hadir dalam Upacara Peringatan HUT RI Ke-76 di Lapangan Merdeka Binjai, Iwan Enjes hanya belum bisa memastikannya.


"Yang pasti kalau tidak halangan, Walikota Binjai akan hadir dalam kegiatan itu," ujar M Irwansyah Nasution.


Diketahui, Penyekatan serta pengalihan arus lalulintas dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Binjai bekerjasama dengan Satlantas Polres Binjai.


Hal itu guna menekan angka penyebaran dan munculnya klaster baru penyebaran Covid-19. Pengalihan arus lalulintas juga dilakukan karena mobilitas masyarakat terlalu padat, khususnya diseputaran lapangan Merdeka, yang berada di Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota.


Pantauan awak, sejak kemarin, Kamis (12/8) salah satu lokasi penyekatan terjadi diseputaran Lapangan Merdeka Binja, yaitu didepan Rumah Dinas Walikota Binjai dan di depan Makodim 0203/LKT. Untuk kendaraan yang datang dari arah Jalan Jend Gatot Subroto, dialihkan melalui Jalan Sultan Hasanuddin. Sedangkan yang dari Jalan Jend Sudirman, tepatnya didepan Kantor Walikota Binjai dan Kodim 0203/LKT, masih boleh dilintasi oleh pengendara kendaraan bermotor.


Tim Satgas Gabungan juga melakukan penyekatan di setiap perbatasan Kota Binjai, antara lain di pintu masuk Kota Binjai, tepatnya di Jalan Djamin Ginting, Jalan T Amir Hamzah, Cengkeh Turi, Tunggurono dan Brahrang. 


"Tim juga melakukan cek suhu tubuh bagi pendatang yang berkunjung ke Kota Binjai dengan keperluan tertentu. Untuk penyekatan PPKM ini, akan dilakukan hingga 22 Agustus 2021," kata Heny Sri Dewi Sitepu, yang menjabat sebagai Kabid Keselamatan Dinas Perhubungan Pemko Binjai. (Kus)