Iklan

Jumat, 13 Agustus 2021, 13.40.00 WIB
Last Updated 2021-08-13T06:40:49Z
Metro Binjai

Tahun Baru Islam Diperingati Yonarhanud 11/WBY

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Bertempat di Masjid Baitul Makmur yang berada di Mako Yon Arhanud 11/WBY, para Personil Yon Arhanud memperingati Tahun Baru Islam 1443 H, Kamis (13/8).


Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Komandan Batalyon Arhanud 11/WBY Mayor (Arh) Aulia Rizkyan Mahar, Danrai Rudal C Lettu (Arh) M fian Wijaya, Pasi Pers Letda (Arh) Eka S, serta para Personil Batalyon Arhanud dan anggota Persit.


Sementara bertindak sebagai penceramah yaitu Ustadz M Kurniawan. S.pd.


Dalam sambutannya, Ustadz M Kurniawan mengatakan, Tahun Baru Islam memiliki 3 Makna yang paling penting, salah satunya yaitu Hijrahnya Nabi Muhammad SAW.


"Yang pertama yaitu, Muharram juga diperingati sebagai pengingat peristiwa penting saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah, yang kemudian melahirkan agama Islam. Setelah Nabi Muhammad SAW hijrah, Islam mengalami perkembangan pesat dan semakin menyebar hingga ke Mekkah dan wilayah sekitarnya," tutur Ustadz M Kurniawan.



Lanjutnya, Nabi Muhammad SAW memutuskan hijrah setelah memperoleh wahyu dan perintah dari Allah untuk menyebarkan ajaran Islam ke masyarakat.


Sedangkan yang kedua, kata Ustadz M Kurniawan adalah sebagai bentuk perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat


"Tahun baru Islam juga dimaknai sebagai semangat perjuangan yang tak kenal lelah dan putus asa dalam menyebarkan agama Islam oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Meskipun banyak tantangan dan rintangan, Nabi Muhammad SAW dan sahabat tak pernah menyerah atau pesimis. Bahkan Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah meninggalkan tempat kelahirannya, saudara, dan harta bendanya hanya agar bisa memenuhi perintah dan wahyu yang diberikan Allah SWT," ungkap Ustadz M Kurniawan.


Sedangkan yang ketiga menurut Ustadz M Kurniawan adalah Intropeksi Diri.


"Pergantian tahun baru Islam juga dimaknai sebagai momen untuk intropeksi diri atau muhasabah. Seiring waktu yang terus berjalan dan berlalu, dengan adanya tahun baru Islam, diharapkan umat muslim lebih mawas diri, introspeksi dan bermuhasabah atas segala tindakan dan perbuatan yang dilakukan selama 12 bulan," kata Ustadz 


Memasuki Tahun Baru Islam, Ustadz M Kurniawan juga mengajak masyarakat untuk memikirkan apa yang harus diperbaiki dan amalan apa yang harus ditinggalkan di tahun mendatang. 


"Itulah makna makna Tahun Baru Islam yang perlu di ketahui," tutup Ustadz M Kurniawan. (Kus)