Iklan

Kamis, 05 Agustus 2021, 06.10.00 WIB
Last Updated 2021-08-04T23:10:25Z
Kabar Sumut

Universitas Battuta Medan Teken MoU Dengan PW DMI Sumut

Berita Viral


Medan - Metrolangkat-binjai.com


Guna mengembangkan dan terus meningkatkan kualitas Kampus agar tetap diminati oleh masyarakat, Universitas Battuta Medan melaksanakan nota kesepakatan atau MoU (Momerandum of Undesrtanding) dengan Pimpinan Wilayah Dewan Mesjid Indonesia (PW DMI) Sumut, Selasa (3/8). 


Kegiatan yang digelar di Aula Serbaguna Universitas Battuta, yang beralamat di Jalan Gajah Mada No 15 Medan, juga bertujuan untuk menjalankan Tridarma Pendidikan Tinggi.


Hal itu dibenarkan oleh Ketua PW DMI Sumut, Irhamuddin Siregar MA. Menurutnya, MoU dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang unggul dan berkwalitas serta mampu bersaing. 



"Benar, dalam hal ini kami dari PW DMI Sumut sudah melakukan penamdatangan kesepakatan atau MoU dengan Universitas Battuta yang saat ini terdiri dari dua fakultas, yaitu fakultas Teknologi dan fakultas Bisnis serta 

terdiri dari sembilan Prodi," urai Irhamuddin Siregar, saat dikonfrmasi awak media, Rabu (4/8) malam.


Adapun Prodi yang dimaksud, ungkap Irhamuddin, antara lain yaitu Prodi Kewirausahaan dan Manajemen Kewirausahaan Masjid, Manajemen Informasi, serta Manajemen Retail dan Akutansi.



"Alhamdulillah, dalam kesempatan itu, H Sumargono selaku Ketua Yayasan mengatakan, khusus keluarga dan anak anak DMI Sumut yang berkeinginan menimba ilmu di Universitas Battuta, akan memberikan Beasiswa berupa potongan uang kuliah sebesar 60 Persen dengan cicilan 10 kali pembayaran. Sasarannya yaitu untuk membantu para Imam Masjid yang belum memgambil program S1, Marbot Masjid serta Imam masjid. Artinya mereka siap membantu," urai Irhamuddin Siregar.


Sebagai Ketua PW DMI Sumut, Irhamuddin Siregar juga berharap agar pelaksanaan pengelolaan dapat dilakukan secara bersama sama. "Kita berharap Universitas Battuta Medan yang baru berkiprah didunia pendidikan, dapat menjadi salah satu rujukan bagi masyarakat yang ingin menimba ilmu kejenjang yang lebih tinggi," beber Irhamuddin Siregar yang hadir dalam MoU tersebut bersama Sekum PW DMI Sumut AKBP (P) H Sulaiman Hasibuan beserta rombongan.


Atas terlaksananya penandatangan MoU tersebut, Irhamuddin Siregar mengucapkan terima kasih kepada Pihak Yayasan Universitas Battuta Medan.


"PW DMI Sumut tentunya mengucapkan terima kasih kepada pihak Yayasan karena telah mempercayakan kepada kami. Momen ini menurut kami merupakan hal yang sangat penting, karena saat ini begitu banyak anak yang putus Sekolah disebabkan faktor ekonomi," urai Pria yang juga pernah mencabat sebagai Ketua DMI Kota Binjai ini.


Sementara itu Rektor Universitas Battuta Medan, Dr Sugito M.Si, dalam sambutannya pada acara penandatanganan MoU tersebut mengatakan, dipilihnya PW DMI Sumut untuk melakukan nota kesepakatan karena dinilai organisasi tingkat nasional dengan tujuan untuk mewujudkan fungsi Masjid sebagai pusat ibadah itu mempunyai koneksi yang luas serta bersentuhan langsung dengan Masjid Masjid di Sumut.


"Kami pilih PW DMI Sumut dikarenakan organisasi ini bersentuhan langsung dengan Masjid. Apalagi menurut data kami, ada sekitar 10. 823 Mesjid yang tersebar di Sumatera Utara. Artinya, betapa pentingnya ilmu sebagai sarana agar manusia mudah mencapai apa yang diinginkan di dunia maupun di Akhirat," tutur Dr Sugito.


Tidak hanya itu, lanjut Dr Sugito, untuk mewujudkan mutu pendidikan yang berkwalitas, Universitas Battuta juga berpikir jauh kedepan agar bisa segera mendapat tempat dihati masyarakat. "Hal itu juga yang mendasari kami perlunya menjalin silaturahmi dengan PW DMI Sumut," kata Dr Sugito, seraya menekankan untuk lebih koperatif dengan Masjid Masjid yang ada, terutama yang berada di Kota Binjai.


Ditempat yang sama, Ketua Yayasan Universitas Battuta Medan, H Sumargono, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pengurus  PW DMI Sumut, yang telah bersedia hadir di Kampus Battuta.


"Alangkah naifnya jika kita sebagai Umat Islam melihat begitu banyak anak yang tidak mampu Sekolah serta tidak bisa melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi hanya dikarenakan persoalan ekonomi yang lemah. Untuk itu, Universitas Battuta Medan, hadir dan insyaAllah dapat dijadikan solusi bagi masyarakat yang mempunyai ekonomi lemah," beber H Sumargono, sembari mengucap syukur karena Universitas Battuta Medan ini sudah sekitar 4 tahun betkiprah di dunia pendidikan. 


Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua dan Sekum PW DMI Sumut beserta rombongan, Rektor serta Ketua Yayasan Universitas Battuta Medan, serta para Wakil Rektor. (Kus)