Iklan

Rabu, 25 Agustus 2021, 17.24.00 WIB
Last Updated 2021-08-25T10:24:11Z
Berita Hari Ini

Warga Umar Baki Sulit Dapatkan Udara Segar,Pulaknya Jalanya Kupak Kapik

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Kerapnya truk berukuran besar yang membawa muatannya melebihi tonase, menjadi salahsatu penyebab rusaknya Jalan T Umar Baki, Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat.


Dampaknya, warga sekitar sulit untuk menghirup udara segar. Sebab, selain becek jika musim penghujan, masyarakat juga selalu menghirup debu yang beterbangan jika datang musim kemarau.


Hal itu tentunya menuai protes dari masyarakat. Sebab menurut warga, sudah bertahun tahun ruas Jalan yang juga menghubungkan ke Kabupaten Langkat tersebut selalu menyisakan lubang yang menganga sehingga membuat warga yang melintas dengan kendaraan bermotor, kerap terjatuh.



Pantauan awak media di Jalan Letjend Umar Baki yang mempunyai panjang sekitar 7 KM tersebut, setidaknya ada 4 titik yang mengalami rusak parah. Kerusakan itu diperkirakan sekitar 2 Km. Beberapa lubang pun juga masih terlihat di beberapa titik tersebut.


Kekesalan warga pun akhirnya memuncak. Karena merasa tidak ada perhatian dari Pemerintah Daerah untuk memperbaikinya, masyarakat sekitar menanam Pohon Pisang disalahsatu titik yang mengalami kerusakan.


"Sebagai masyarakat, kami berharap Pemerintah Daerah dapat mendengarkan keluhan warga. Kami merindukan jalan yang bagus sehingga kami bisa menghirup udara yang segar. Selama ini kami menghirup debu yang menimbulkan Polusi udara," ujar warga sekitar yang bernama Seminarto, Rabu (25/8).


Tidak hanya itu, lanjut Seminarto yang juga mengaku sebagai Pimpinan Kecamatan (PK) Partai Golkar Kecamatan Binjai Barat ini, selain kerap menghirup debu, warga mengeluhkan karena seringnya kaca rumah warga yang pecah diakibatkan percikan batu kerikil yang ditimbulkan dari Kendaraan Bermotor yang melintas.


"Dulu pernah dilakukan pengecoran di Jalan ini. Namun Itu hanya setengah badan jalan saja. Sementara yang rusak selama ini hanya tambal sulam saja," ungkapnya.


Karena sudah bertahun tahun tidak pernah menghirup udara bersih, warga sekitar pun berharap kepada Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, melalui Dinas PUPR (Bidang Binamarga) agar segera memperbaiki jalan tersebut.


"Kepada Pemimpin Kota Binjai, tolong kesehatan kami juga dipikirkan. Kami ini juga warga Binjai. Tolong perbaiki jalan ini sebelum kami bosan dan melakukan unjukrasa dengan kondisi jalan yang seperti ini," ujar beberapa warga sekitar. (Kus)