Iklan

Rabu, 15 September 2021, 11.16.00 WIB
Last Updated 2021-09-15T04:16:56Z
Berita Hari Ini

Dokter Ini Divonis 2 Tahun Penjara Terbukti Lakukan Penipuan Terhadap Honorer

Berita Viral

 Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Terdakwa penipuan dan penggelapan modus meningkatkan status honorer di lingkungan Pemko Binjai menjadi PNS, dr Ratna Milda Nasution, divonis dua tahun kurungan penjara, Kamis (9/9) lalu. 


Hal itu disampaikan Humas Pengadilan Negeri Binjai, David Simare-mare, yang juga bertindak sebagai Ketua Majelis Hakim dalam sidang terdakwa. 


"Terdakwa divonis dua tahun penjara," ujarnya ketika dikonfirmasi awak media, Rabu (15/9). 


Majelis hakim menilai, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan, sebagaimana didakwa oleh penuntut Umum. Akhirnya, oknum dokter yang berstatus PNS di Pemko Binjai, ditahan. 


"Terdakwa dan penuntut umum menjawab pikir-pikir atas putusan tersebut. Seminggu setelah putusan tidak ada jawaban, berarti menerima," ujarnya. 


Sebelumnya, JPU Benny Surbakti menuntut tiga tahun kurungan penjara. Terdakwa didakwa JPU dengan Pasal 378 Subsider 372. 


Oknum kepala Puskesmas pembantu di Kota Binjai menerima uang ratusan juta uang dari korbannya. Siska salah satunya, guru honorer di Pemko Binjai. 


Sebelumnya, Siska mengaku mengenal dengan Terdakwa di RSUD Djoelham Binjai, dan ditawarkan masuk pegawai dari jalur khusus. Bahkan, korban mendapat keyakinan lantaran melakukan sambungan telepon video dengan mantan Wali Kota Binjai berinisial HMI selama 15 detik. 


Singkat cerita, Siska akhirnya mengaku rugi sebesar Rp 124 juta yang melakukan pengiriman lima hingga enam kali dan mayoritas tujuan rekening atas nama terdakwa. 


Korban lain, Ikhsan Nurdiawan yang juga guru honorer terlibat Rp 105 juta, yang mengaku melakukan kepengurusan pegawai jalur khusus tersebut. 


Begitu juga Sindy Amelia, yang dilibatkan terdakwa berangkat ke Jakarta, dengan dalih untuk ambil SK PNS untuk ayahnya yang dijanjikan menempati di lingkungan RSUD Djoelham. (Kus)