Iklan

Kamis, 16 September 2021, 14.41.00 WIB
Last Updated 2021-09-16T07:41:41Z
Berita Hari Ini

Dua Maling Kotak Infaq Ditangkap Polsek Binjai Timur

Berita Viral


 Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Entah apa yang ada dalam pikiran Dua Pria ini hingga nekad mencuri uang di Kotak amal yang berada di Mesjid Al Ittihad, Jalan Nuri, Lingkungan I Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur, Rabu (15/9) sekira Pukul 02.15 Wib. 


Atas perbuatannya itu, kedua Pelaku akhirnya diamankan Petugas Kepolisian dari Polsek Binjai Timur, Polres Binjai. 


Adapun para Pelaku yang dimaksud masing masing adalah Suharpan Siregar alias Arfan alias Ifan (33) dan Muhammad Taufik alias Taufik (35). Keduanya warga Jalan Nuri, Lingkungan l Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur. Hal itu sesuai Laporan Polisi Nomor : LP/42/IX/2021/SPK Binjai Timur, tertanggal 15 September 2021.


Sedangkan korban dalam kejadian ini yaitu BKM Mesjid Al Ittihad, atasnama pelapor Mahadi Latif (65) warga Jalan Nuri, Lingkungan II Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur.


Menurut keterangan sejumlah Saksi, kejadian berawal pada saat Pelapor berada di dalam Mesjid Al Ittihad, untuk melaksanakan Sholat Subuh berjamaah. Namun, ia langsung terkejut saat melihat Kotak Infaq telah dirusak dan uang sebanyak Rp 2.600.000,- (Dua Juta Enam Ratus Ribu Rupiah) telah hilang.


Tak menunggu lama, Pelapor bersama jamaah Sholat Subuh yang lainnya, langsung mencari di sekitar Mesjid. Kemudian diketahui bahwa diduga pelaku masuk melalui jendela samping Mesjid.


Karena yang hilang merupakan uang infat ummat, akhirnya pihak BKM Mesjid mengumumkan kejadian pencurian Kotak Infaq itu melalui pengeras suara (Toa). Selanjutnya, Pelapor yang merupakan penasehat BKM Mesjid Al Ittihad, membuat laporan Polisi di Mapolsek Binjai Timur.


Usai menerima laporan dari Pelapor, Petugas Kepolisian dari Unit Reskrim Polsek Binjai Timur, langsung menuju TKP dan mencari keberadaan Pelaku pencurian. 


Titik terang pun akhirnya mulai ditemukan. Sebab menurut beberapa orang Saksi (Heri dan Bil) pada hari Selasa (14/9) malam, sekira pukul 23.00 Wib, saat mereka baru pulang dari Pasar Tavif Binjai menuju kerumahnya, kedua Saksi yang saat itu mencuci kaki di pinggir Sungai yang berada tepat di samping mesjid Al Ittihad, melihat kedua terduga Pelaku keluar dari mesjid Al Ittihad melalui jendela samping sebelah kiri.


"Beberapa jam sebelum diketahui kotak infaq itu hilang, beberapa orang saksi sempat melihat terduga pelaku keluar dari mesjid Al Ittihad melalui jendela samping sebelah kiri," ungkap Kasubbaghumas Polres Binjai AKP Siswanto Ginting, saat dikonfirmasi awak media, Kamis (16/9) Siang. 


Lebih lanjut dikatakan Siswanto, usai terduga pelaku melihat keberadaan saksi, keduanya langsung melarikan diri. "Saat itu kedua saksi langsung pulang ke rumah. Baru setelah Sholat Subuh, Saksi mendengar pengumuman dari mesjid Al Ittihad bahwa uang dalam kotak infaq telah hilang dengan cara merusak gembok," tegas Siswanto.


Mendengar kabar tersebut, lanjut Perwira Pertama Polisi yang saat ini juga menjabat sebagai PS Kapolsek Binjai Barat ini, Saksi langsung menemui pihak BKM mesjid Al Ittihad dan menceritakan kronologis mereka melihat kedua terduga Pelaku. 


"Atas informasi tersebut, kemudian Pelapor dan warga sekitar mencari kedua pelaku dan berhasil menemukannya.  Saat warga menginterogasi, keduanya mengakui perbuatannya telah merusak kotak infaq dan mengambil uangnya," beber Kasubbaghumas Polres Binjai AKP Siswanto Ginting. 


Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, akhirnya pihak BKM Mesjid Al Ittihad menyerahkan keduanya ke Polisi dan selanjutnya di boyong ke Mapolsek Binjai Timur untuk proses penyidikan lebih lanjut.


Sedangkan barang bukti yang berhasil diamankan yaitu 1 buah Kotak Infaq, 1 buah Rantai, 2 buah Gembok dan 1 buah Gerendel. (Kus)