Iklan

Senin, 06 September 2021, 19.11.00 WIB
Last Updated 2021-09-06T12:11:37Z
Berita Hari Ini

Raker FKDM Kota Binjai Terkait Pengawasan Orang Asing

Berita Viral

 

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Dipimpin langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Kota Binjai Drs H Syarifuddin M.Pd, digelar Rapat Kerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Binjai, Senin (6/9).


Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Kesbangpol Kota Binjai, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, juga dihadiri oleh pengurus dan anggota FKDM yang tersebar di 5 Kecamatan di Kota Binjai.


Adapun pembahasan dalam Raker yang dilaksanakan bersama Polres Binjai serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdikcatpil) Kota Binjai, serta puluhan orang lainnya, yaitu membahas tentang "Pengawasan Orang Asing".


Dibuka oleh Kabid Kepaswadaan Nasional, Nelly Rosa Hasibuan S.STP, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin. 


"Pada momentum rapat ini, kita khususkan pembahasan terkait keberadaan orang asing di Kota Binjai," ungkapnya.


Untuk itu, lanjut Nelly Rosa, kami berencana menghadirkan narasumber yang berkompoten di bidang pengawasan orang asing, yakni Pejabat yang membidangi Intelijen Dan Penindakan dari pihak Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Hendra Wijaya. 


"Namun beliau (Hendra Wijaya-red) baru saja menghubungi saya, bahwa beliau diperintah pimpinannya untuk kembali ke Kantor imigrasi. Padahal beliau sudah mendekati wilayah Kota Binjai," urai Nelly Rosa dengan nada kecewa, sembari menyampaikan permohonan maaf dari Hendra Wijaya.


Ditempat yang sama, Kaban Kesbangpol Kota Binjai Drs H Syarifuddin dalam sambutannya mengatakan, Rapat Kerja FKDM dengan rencana menghadirkan pihak imigrasi merupakan langkah awal yang sangat penting terkait keberadaan FKDM itu sendiri.


"Untuk rapat ini agar mendapat informasi yang lugas dan konkrit terkait orang asing, maka saya minta kepada Kabid WasNas, agar turut mengundang Pihak Imigrasi, Dukcatpil Kota Binjai dan Polres Binjai, yang bersinggungan dengan orang asing, yakni di bidang Sosial Budaya," urainya.


Pada kesempatan ini, Drs H Syarifuddin juga meminta kepada FKDM Kota Binjai, agar menyediakan kesempatan untuk bertanya seluas luasnya kepada pihak yang berkompoten.


"Kedepannya kita akan melakukan silahturahmi dan sekaligus monitoring terhadap keberadaan orang asing yang ada agar terdata, khususnya di Kota Binjai," ujar Kaban Kesbangpol Kota Binjai.


Sementara itu, Ketua FKDM Kota Binjai Nelson Lumbangaol, juga mengucapkan terima kasih kepada Kesbangpol Kota Binjai, yang telah memfasilitasi kegiatan Rapat Kerja ini.


Menurut Nelson, dari informasi yang diterima pihaknya, ada 11 orang Warga Negara Asing yang tidak melaporkan keberadaannya di Kota Binjai.


"Untuk itu, kami FKDM Kota Binjai merasa bersyukur ikut dilibatkan dalam pengawasan orang asing di Kota Binjai, baik yang masuk secara resmi dari pintu masuk resmi yang berada di berbagai wilayah Sumut, maupun yang masuk secara ilegal," urai Pria berdarah Batak ini. 


Kabid Kependudukan Disdukcatpil Kota Binjai, Zubaidah, dalam paparannya menegaskan bahwa pihaknya hanya menerima data saja terkait Pengawasan orang asing. 


"Disdukcatpil Kota Binjai dalam hal ini sangat terbuka dan siap memberikan data agar dapat kita pergunakan secara bersama," tutur Zubaidah dalam paparannya. 


Dalam Raker ini, Kesbangpol, Polres serta Disdukcatpil Binjai, sepakat jika kedepannya akan dilakukan pengawasan orang asing dengan turun ke bawah, yakni ke Pabrik Pabrik yang diduga mempekerjakan orang asing.


Namun sebelum turun langsung, mereka terlebih dahulu harus mempunyai Legal Standing/Dasar Hukum yang jelas, yang dibentuk terlebih dahulu Tim Pora (Pengawasan Orang Asing) Kota Binjai.


"Rapat Kerja seperti akan terus dilaksanakan agar peran FKDM Kota Binjai kedepannya semakin besar guna membantu Pemerintah Kota Binjai dalam menjaga ketentraman dan ketertiban," beber Kaban Kesbangpol Kota Binjai, usai mengikuti Raker.


Hadir dalam kegiatan ini, Kaban Kesbangpol Kota Binjai Drs H Syarifuddin M.Pd, Kabid WasNas Kesbangpol Kota Binjai Nelly Rosa Hasibuan S.STP, Kabid Kependudukan Disdukcatpil Kota Binjai Zubaidah, mewakili Kanit 3 Intelkam Polres Binjai Napitupulu, serta seluruh Pengurus FKDM tingkat Kota dan Kecamatan yang ada di Kota Binjai. (Kus)