Iklan

Kamis, 23 September 2021, 18.25.00 WIB
Last Updated 2021-09-23T11:25:52Z
Berita Hari Ini

Sosialisasi Tatanan Kehidupan Baru

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) bersama DPRD Sumut, serta didukung oleh Pemko Binjai dan Kodim 0203/LKT, menggelar kegiatan yang diberi nama "Sosialisasi Tatanan Kehidupan Baru" yang digelar di lapangan Futsal Jalan Pimpong, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, Kamis (23/9).


Dalam kegiatan ini, bertindak sebagai narasumber Sekretaris Kesbangpol Provsu Alfin Hutauruk, Ketua Komisi A DPRD Sumut fraksi PKS Hendro Susanto, kaban Kesbangpol Binjai H Syarifuddin, Kodim 0203/LKT yang diwakili oleh Pasi Ops Kapten Zulkarnain, Ketua FKUB ustadz Nasir, serta Satgas Penanganan Covid-19 Kota Binjai yang diwakili oleh Zulfikar.


Sedangkan para peserta dalam kegiatan yang tetap menerapkan Protokol Kesehatan ini adalah puluhan masyarakat yang berasal dari 7 Kelurahan yang ada di Kecamatan Binjai Timur, serta tokoh masyarakat sekitar.


Menurut Kaban Kesbangpol Kota Binjai H Syarifuddin, berdasarkan tema yang ada, yaitu Sosialisasi Tatanan Kehidupan Baru, maka ia menghimbau kepada masyarakat untuk selalu membiasakan hidup bersih, baik diri sendiri maupun hati kita.


"Sebab kalau kita bersih, insyaAllah penyakit pun akan jauh dari kita. Ingat!! Kebersihan adalah bagian dari iman," kata H Syarifuddin. 


Sementara itu, Kesbangpol Provsu yang diwakili oleh Sekretaris Alpin Hutauruk, dalam arahannya mengatakan, peningkatan kasus positif Covid-19 semakin meningkat, maka perlu adanya upaya nyata untuk memutus mata rantai virus Corona ini. 


"Maka dalam rangka upaya mendisiplinkan masyarakat terhadap prokes untuk mencegah Covid-19, kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya edukasi dan pendisiplinan prokes terhadap masyarakat dengan regulasi yang telah ada," ungkap Alpin. 


Adapun regulasi yang ada, lanjutnya, yaitu sesuai Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang penegakan disiplin dan peningkatan hukum Prokes dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.


"Selanjutnya berdasarkan Pergub nomor 34 tahun 2020, serta Peraturan Gubernur Sumut nomor 33 tahun 2020 tentang pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru dalam rangka percepatan penanganan Covid di Sumut," urai Alfin Hutauruk. 


Narasumber lainnya, yaitu Anggota DPRD Sumut dari fraksi PKS, Hendro Susanto, dalam materinya dihadapan para peserta mengatakan, kegiatan yang digelar kali ini sebagai upaya mensukseskan program Pemerintah dalam tatanan hidup baru/new normal. 


"Disini kita mengajak masyarakat untuk berpartisimpatik dalam pembangunan sehingga mereka menjadi ujung tombak, yaitu membantu Pemerintah untuk mensosialisasikannya," ungkap Hendro. 


Pria yang juga dipercaya sebagai Ketua Komisi A DPRD Sumut ini juga menghimbau kepada masyarakat untuk hidup baru dengan tetap disiplin Protokol Kesehatan.


"Seperti kalau ada yang sakit, langsung dilakukan pengobatan. Begitu juga yang meninggal dunia. Sedangkan untuk perekonomian, Pemerintah terus berupaya hadir untuk penguatan ekonomi dalam konteks usaha kecil menengah," ungkap Hendro. 


Dalam sosialisasi ini,  pria yang pernah menjadi staff ahli di DPR RI ini juga mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19. "Karena vaksin itu bagian dari herd imunity, agar masyarakat tetap sehat dan tetap disiplin Prokes," ujar Hendro, sembari menegaskan bahwa masyarakat Binjai hingga saat ini masih sedikit yang melaksanakan Vaksinasi. 


Lebih lanjut dikatakan Hendro Susanto, karena kegiatan Sosialisasi Tatanan Kehidupan Baru yang digelar ini merupakan kegiatan resmi Pemprovsu dengan DPRD Sumut, maka sebagai anggota Legialatif, maka semuanya harus ikut terlibat dan ikut berpartisipatif. 


"Pemprovsu, Pemko Binjai, DPRD, semuanya harus siap berpartisipasi.  Sedangkan untuk masyarakat, harus tetap siap untuk menjaga lingkungannya dari bahaya penyakit Covid," tegas Pria berkacamata ini. 


Diakhir pembicaraannya, Hendro meminta kepada masyarakat untuk hidup sehat dengan cara berjemur dan berolahraga. "Cek saudara kita kalau ada yang sakit agar cepat dibantu atau laporkan ke keluarga kita," ungkap Politisi dari PKS ini, seraya mengaku bersyukur karena perjuangan PKS kepada Gubernur Sumatera Utara terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM) akhirya dikabulkan dan sudah mulai dilakukan pada Bulan ini. (*)