Iklan

Selasa, 12 Oktober 2021, 23.17.00 WIB
Last Updated 2021-10-12T16:17:27Z
Berita Hari Ini

14 Pejabat Eselon II Dilingkungan Pemko Binjai Akan Dimutasi..?

Berita Viral


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Sedikitnya ada 14 pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Binjai yang akan dimutasi setelah mengikuti asesmen atau uji kompetensi pada awal September 2021 lalu.


Sebab, pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Binjai mengatakan, hasil asesmen sudah keluar meski tim Panitia Seleksi (Pansel) tidak mengumumkannya secara luas.


"hasil asesmen ini tidak menjadi konsumsi publik, berkas peserta yang lolos sudah diserahkan sama Walikota," kata Plt BKD Binjai, Rahmad Fauzi, Selasa (12/10).


Menurutnya, hasil asesmen akan menjadi bahan pertimbangan sekaligus evaluasi Walikota Binjai untuk melakukan mutasi pejabat eselon II. 


Sebab menurut Rahmad Fauzi, untuk lelang jabatan bisa jadi dilakukan setelah mutasi pejabat eselon II hasil asesmen. 


"Kita masih menunggu apa petunjuk  KASN (komisi Aparatur Sipil Negara). Begitu juga dengan mutasi, kita masih menunggu bagaimana persetujuan dari sana (KASN-red)," ucapnya lagi.


Fauzi menerangkan, hasil uji kompetensi efeknya akan berdampak terhadap demosi atau penurunan jabatan. Lalu efek rotasi dan tetap. Demosi atau penurunan ini maksudnya, dari jabatan Kepala Dinas bisa turun menjadi Kepala Bidang dan ada ambang batas nilainya. 


Dalam asesmen,  sambungnya, Tim Panitia Seleksi yang dibentuk BKD Binjai menghadirkan penguji dari kalangan akademisi Universitas Sumatera Utara. Karenanya, Walikota Binjai akan menyampaikan hasil asesmen tersebut kepada KASN sebagai laporannya. 


"hasil tersebut akan digunakan Walikota Binjai sebagai acuannya untuk menempatkan pejabat yang cocok dengan kriteria. Bukan berdasarkan kedekatan," pungkas Fauzi.


Adapun 14 peserta yang ikut meramaikan uji kompetensi tersebut yaitu Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Ahmad Ilham, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Lilik Rosdewati, Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Afwan


 Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan dan Keuangan Dewi Anggraeni, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ernawati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dahnial Reza, 


Asisten Administrasi Umum Meidy Yusri, Sekretaris DPRD Putri Syawal Sembiring, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Affan Siregar, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Edi Saputra


 Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Agustawan Karnajaya, Kepala Dinas Pariwisata Mukramah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Nani Sundari dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Elvi Kristina. (Tra)