Iklan

Sabtu, 16 Oktober 2021, 13.31.00 WIB
Last Updated 2021-10-16T06:31:22Z
Kabar Asahan

300 Anak Raudatul Atfal Ikuti Pembelajaran Manasik Haji.

Berita Viral


Asahan- Metrolangkat-binjai.com


Sedikitnya sebanyak 300 anak Raudatul Atfal (RA) yang ada di Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Kecamatan Pulau Bandring ikuti cara pembelajaran manasik haji di Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Sabtu (16/10/2021).


Adapun tujuan pembelajaran manasik haji yang diberikan kepada anak-anak RA sejak dini, supaya  mereka memahami tentang pengetahuan  rukun islam yang ke 5 yaitu  "Naik Haji Bagi Yang Mampu" 


Penyampaian tersebut dikatakan Ketua Kelompok Kerja Raudatul Atfal (KKRA) Dra. Hj. Farida Hanum, S. Pdi selaku Kepala RA PMDU Kisaran saat di konfirmasi media disela-sela kegiatan manasik.


Secara rinci Farida menjelaskan bahwa memberikan pengetahuan tentang Rukun Islam yang ke-5 kepada anak-anak sejak dini itu sangat penting. Sebab dalam pembelajaran itu dapat dimaknai bagaimana pengorbanan Nabi Ibrahim As yang rela menyembelih anaknya  atau putera kesayangannya sendiri Nabi Ismail As atas perintah Allah SWT. 


"Namun dengan izin Allah SWT Nabi Ismail digantikan dengan sembelihan hewan yang besar. Dan peristiwa ini disebut atau yang kerap kita peringati hingga saat ini sebagai Hari Raya Haji (Idul Adha)," jelas Farida.


Masih dikatakan Farida, sebagai seorang ibu dan pendidik anak-anak RA yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) RA. Dirinya  bersama guru lainnya akan terus memberikan pengetahuan tentang Islam kepada anak-anak RA sebagai generasi penerus yang kelak bisa membesarkan syiar-syiar Agama Islam kepada masyarakat Kabupaten Asahan terkhusus kepada anak-anak RA.


Sehingga pengetahuan yang kami berikan dapat mereka memahaminya tentang Agama Islam serta mencintai Agama yang di ridhoi oleh Allah SWT ini ujar Farida.


Masih ditempat yang sama Ketua Bidang Imaroh Masjid Agung H. Achmad Bakri Kisaran H. Ahmad Qosyim Marpaung sebagai pembimbing Manasik Haji mengatakan, atas nama BKM Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran sudah tentu  mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh KKG RA Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Kecamatan Pulau Bandring dalam memberikan pemahaman tentang tata cara pelaksanaan manasik Haji kepada anak-anak RA sejak dini.


Sebab menurut Ahmad Qosim  memberikan pemahaman atau menanamkan kecintaan tentang Islam kepada anak-anak RA sejak dini adalah merupakan langkah yang tepat.


Artinya dengan kegiatan seperti ini sudah tentu BKM Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, akan memberikan izin fasilitas dalam mensyiarkan agama Islam kepada masyarakat Kabupaten Asahan sebut Qosim(Depram)