Iklan

Minggu, 03 Oktober 2021, 14.25.00 WIB
Last Updated 2021-10-03T07:44:09Z
Berita Hari Ini

DPP Laskar Melayu Hang Tuah Dikukuhkan ; Berkomitmen Jadi “Pagar Para Sulthan”

Berita Viral


Medan, Metrolangkat-binjai.com



Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Laskar Melayu Hang Tuah periode 2020-2025, Sabtu (2/10-2021) di Balairung Istana Maimun Medan, dilantik sekaligus dilanjutkan dengan acara pengukuhan. 


Perhelatan bernuansa kebesaran adat Melayu itu juga disaksikan langsung oleh  sejumlah Sultan (raja) di Kesultanan kawasan pantai Timur Sumatera Utara antaranya Sultan Langkat Azwar Aziz Abdul Jalil Rahmadsyah Al-Haj, Sultan Sultan Asahan Tuanku Kamal Abraham Abdul Zalil Rahmadsyah Al-Haj, Sultan Serge Tengku Ahmad Syafi'i, Panglima Besar Deli Tengku Osman Ganda Wahit Al-Haj dan pembesar kesultanan lainnya. 


Pengukuhan Laskar Melayu Hang Tuah itu juga dihadiri sejumlah tokoh dan pembesar dari  pejabat pemerintah, di antaranya turut dihadiri mewakili Gubenur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dari Dinas Pariwisata Zumbri Sultoni Sinaga, mewakili Walikota Medan Kadis Kebudayaan Ok Zulfi serta sejumlah pejabat terkait lainnya. Tampak juga Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Prof. Wan Syaifuddin, serta Kepala Dinas Kebudayaan Kota Medan Datuk Zulfi.


Pagar bagi para Sulthan 


Ketua DPP Laskar Melayu Hang Tuah Datuq Sri Amar Asmara Negeri Bedagai Wajir Negeri Deli Chairul Abidin ST. MSi mengatakan, bangsa Indonesia mayoritas bangsa Melayu yang besar. Ia mempunya misi menjadikan masyarakat Melayu masyarakat yang bermartabat sesuai visi Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.


“Sehingga diharapkan agar dapat mengangkat harkat martabat puak Melayu di Sumatera Utara, Khususnya Kota Medan.


Ketua Umum Laskar Melayu Hang Tuah masa berkhidmat 2020-2025, Datuq Chairul Abidin, dalam kesempatan itu juga bertekad untuk menjadi pagar bagi para sulthan di Sumatera Timur. Tekad ini kemudian mendapat banyak apresiasi dari para tamu undangan.


“Laskar Melayu Hang Tuah akan menjadi pagar negeri bagi sulthan-sulthan kami. Menjaga adat istiadat bangsa Melayu. Esa hilang dua terbilang, takkan Melayu hilang di bumi,” seru Datuq Chairul.


Menurut Datuq Chairul, potensi Sumber Daya Manusia daripada bangsa Melayu harus diberdayakan dengan baik. Sesama puak Melayu juga harus bersatu dan kompak.

“Banyak tokoh pendidikan, agama, ekonomi, eksekutif, legislatif, dan yang lainnya. Perlu kekuatan dan persatuan semua elemen untuk mewujudkan masyarakat Melayu bermartabat, sebagaimana visi Gubernur (Sumatera Utara),” sambung Datuq Chairul Abidin.


Sekretaris DPP Laskar Melayu Hang Tuah, Zulkifli S.Pdi yang juga Ketua Panitia Pelantikan, Saat jumpa Pers mengatakan, Pelantikan Laskar Melayu Hang Tuah yang baru, berharap menjadi embrio semangat baru bersatunya puak-puak Melayu di Kota Medan.


“Kita berharap dengan adanya wadah ini dapat mengumpulkan semua potensi puak  Melayu dan saling bahu-membahu membantu di segala lini,” ucapnya.


“Untuk Kepwal tentang baju adat kita akan mencoba mengkomunikasikan semua pihak untuk mencari jalan terbaik tentang baju adat yang di keluarkan Pemko Medan.


Mengenai rapat kerja, sambungnya, DPP Lakskar Melayu Hang Tuah akan coba merumusukan program-progam kerja yang subtstansi untuk kebutuhan puak Melayu dan program-program kerja dengan kondisi yang kekinian.


“Contohnya, kalau yang dibutuhkan membuat acara ziarah kubur kepada para pendahulu, silaturahmi dengan para sultan dan meningkatkan kegiatan sosial di daerah pesisir,” terangnya.


“Kalau yang terkini kita akan mencoba pelatihan-pelatihan IT termasuk pelatihan programmer dan lain sebagainya,” pungkasnya.


Sultan Langkat Tengku Azwar Azis Abdul Jalil Rahmatsyah Al-Haj dalam sambutannya berharap cara berfikir masyarakat Melayu adalah berfikir secara modern.


Sultan Asahan Tuanku Kamal Abraham Abdul Zalil Rahmadsyah Al-Haj dalam sambutannya, Harapan Sultan Asahan, agar DPP Laskar Melayu Hang Tuah yang baru dilantik menjadi pagar Negeri untuk menjaga Exsitensi adat budaya melayu serta menjaga Arkat dan Martabat kepala adat Sultan Sumatera Timur dalam menujukan Entensi dan rerepan dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia.


Sultan Asahan juga berharap kepada Laskar Melayu Hang Tuah untuk dapat memperhatiakan masyarakat melayu yang ada di pesisir, karena masih banyak masyarakat melayu pesisir yang hidup di bawah kemiskinan.


Syiarkan sampai ke Thailand


Gubsu diwakili Zumbri Sultoni Sinaga dalam sambutannya meminta Kepada Datuq Chairul Abidin , agar dapat mengibarkan bendera Laskar Melayu Hang Tua sampai ke Negeri sebrang, seperti Malaysia, Singapor, Brunai dan Thailand. "Karena Negara-negara itu juga merupakan bagian dari rumpun dan bangsa Melayu,” ujar Sinaga.


Zumbri juga mengatakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara , siap bekerjasama, memfasilitasi serta mendukung Laskar Melayu Hang Tuah yang baru. (Rel)