Iklan

Minggu, 31 Oktober 2021, 17.57.00 WIB
Last Updated 2021-10-31T10:57:12Z
Berita Terkini

Gelar FGD Antar OKP, Kapolres Langkat : Tolong Hindari Perselisihan Sekecil Apapun

Berita Viral
Penandatangan kesepakatan bersama antara FK-PPI dan Pemuda Pancasila Kab Langkat dalam sebuah FGD yang digagas Polres Langkat.

Langkat- Metrolangkat-binjai.com


Agar tidak terjadi saling serang, perkelahian atau bentuk tindak pidana lainnya di Wilayah Hukumnya, Polres Langkat menggelar Forum Group Discussion bersama beberapa Ormas, diantaranya Pemuda Pancasila, FK-PPI, IPK, serta SPSI-SPTI, Minggu (31/10) yang digelar di Sobat Cafe.


Dihadapan para perwakilan Ormas yang hadir, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, menceritakan terlebih dahulu bahwa dirinya sebelum bertugas di Polres Langkat, terlebih dahulu mencari tau situasi, kearifan lokal maupun kultur masyarakat diKabupaten bertuah ini.

"Untuk itu kita harus mengenal jatidiri bangsa kita. Saya ingatkan sekali lagi, apa tujuan didirikanya organisasi? Saya minta jadilah garda terdepan dalam menjaga kekondusifan dan keutuhan NKRI," pinta Kapolres Langkat.


Sebagai Kapolres Langkat, Danu juga berharap agar organisasi yang ada jangan saling bersaing, apalagi saling bermusuhan. 


"Hendaknya mendukung menciptakan suasana aman dan kondusif.  Tak hanya aman,tapi juga nyaman ditengah-tengah masyarakat. Artinya, setiap ada perselisihan atau gesekan, tolong diselesaikan secara baik baik yakni melalui musyawarah," ucap Kapolres yang hadir didampingi Kabag Ops Kompol Arif.


Ditempat yang sama, Bupati Langkat Terbit Rencana PA, yang diwakili Kaban Kesbangpolinmas Faisal Badawi S Sos berkesempatan menyampaikan pesan orang nomor 1 di Bumi Bertuah itu.


"Beliau (Bupati Langkat-red) berpesan agar terus menjaga kondusifitas Langkat.  Kalaupun ada perbedaan di lapangan, hendaknya mengambil sikap bermusyawarah dan jangan mengambil tindakan sendiri-sendiri yang pada ahirnya merugikan diri pribadi dan keluarga" ungkap Bupati Langkat.

Sementara itu, Ketua PC-0215 KB FK-PPI Kabupaten Langkat, Bambang SH, sepakat jika ada permasalahan harus diselesaikan dengan jalan musyawarah.


Ia juga menegaskan bahwa pihaknya sudah berulang kali membuat MoU antara pimpinan Pemuda Pancasila (PP) dengan FK-PPI. Kalau kita dengan para Ketua telah berulang kali membuat kata sepakat saling menjaga kekondusifan dimasyarakat,namun dibawah sering kali terjadi miskomunikasi.

" Oleh sebab itu,anggaplah yang sudah terjadi menjadi satu pembelajaran kedepan untuk kita semua. Artinya kita tidak bisa hidup sendiri, karena yang bisa hidup sendiri hanya tuhan yang maha kuasa.


Karena kita tidak bisa sendirian, makanya tuhan menciptakan manusia berpasang pasangan, jadi sering kita ributkan hanya masalah sejengkal perut,padahal masih banyak persoalan lainya yang kita abaikan, untuk itu marilah kita hidup bersama saling berdampingan " ujar Bambang, sembari diberi aplaus oleh para hadirin.


Hal serupa juga dikatakan Wakil Ketua MPC-PP Kab Langkat Herman Suhendar Harahap. Bercerita tentang latar belakang organisasi,antara Pemuda Pancasila dan FK-PPI Seperti tak ada bedanya,sebab FK-PPI dilahirkan oleh TNI, begitu juga dengan Pemuda Pancasila artinya kedua Organisasi ini sama-sama punya latar belakang yang tak berbeda.


Untuk itu sambung Herman,marilah kita kecilkan kalau ada masalah yang besar dan redam setiap ada masalah kecil. Kita jaga kondusifnya Langkat bersama-sama." Ungkapnya.


Usai memberikan sambutan,acara ini dilanjutjan dengan Pembacaan naskah kesepakatan bersama yang dibacakan Oleh masing-masing Ketua atau yang mewakili. 


Terlihat Bambang yang menjabat sebagai Ketua FK-PPI Langkat, membacakan langsung naskah tersebut. Sementara dari Pemuda Pancasila dibacakan oleh Herman Sukendar Harahap yang mewakili Ketua MPC-PP Langkat.

Naskah SPTI dibacakan Ketua nya Pengadilen Sembiring dan SPSI dibacakan Sekjen Amir Hamzah P Sunda.


Usai pembacaan naskah,  selanjutnya dilakukan penandatangan kesepakatan bersama oleh masing masing pihak yang disaksikan oleh Kapolres, Dandim, Bupati serta seluruh Kader FK-PPI dan Pemuda Pancasila.


Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0203/Langkat diwakili Danramil Padang Tualang Kapten Inf Dedi Nasution, Ketua FK-PPI Kabupaten Langkat Bambang, Ketua MPC-PP diwakili Sekjend MPC-PP Amir Hamzah P Sunda, Herman Sukendar Harahap dan Pengurus Anak Cabang se-Kabupaten Langkat


Ketua Forum Pembauran Kebangsaan dan Ketua PMK Kab Langkat Syahrizal Mz, serta Ketua PWI Langkat M Darwis Sinulingga. (Yong)