Iklan

Rabu, 06 Oktober 2021, 12.09.00 WIB
Last Updated 2021-10-06T05:09:27Z
Berita Hari Ini

Gubsu Lantik Rizky Yunanda Sitepu, Edy : Semoga Bisa Bersinergi Sampai Ahir Jabatan, Jangan Cuma Tiga Bulan

Berita Viral
Gubsu saat melantik Wakil Walikota Binjai


Medan - Metrolangkat-binjai.com


Setelah sempat ditunda, akhirnya Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan Wakil Walikota Binjai, H Rizky Yunanda Sitepu STP. MP, sisa masa jabatan 2021-2024, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Rabu (6/10).


Dalam kegiatan itu, Gubsu berharap agar hubungan antara Walikota Binjai dan Wakil Walikota Binjai, bisa lebih baik. Sebab menurutnya, hubungan itu mulai terlihat tidak membaik setelah 3 bulan berjalan usai dilantik. 


"Semoga bisa bersinergi sampai akhir masa jabatan. Saya tidak ingin sinergi itu hanya berumur tiga bulan saja," ungkap Edy Rahmayadi.


Pada kesempatan itu, Gubsu juga mengingatkan tentang peran Wakil Walikota, yaitu dibawah Walikota. 


"Wakil itu diibaratkan sebagai Leher, sementara kepala itu orang nomor satu. Mulut itu ada di kepala, bukan dileher. Kita makan melalui mulut, kepala yang merasakan, namun leher tidak. Namun kepala harus juga tahu kalau tulang ikan menusuk leher, yang sakit juga kepala," urai Gubsu. 


"Yang ingin saya katakan adalah kesetiaan. Untuk Wakil Walikota harus juga tahu diri, walau pun jago, namun jangan pernah merasa didepan. Begitu juga dengan orang nomor satu, jangan sok jago, nanti ditusuk orang yang dibelakang," tegas Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.


Diketahui, Rizky Yunanda Sitepu terpilih menjadi Wakil Walikota Binjai dalam proses di DPRD Binjai. Anak mantan Bupati Langkat dua periode, Ngogesa Sitepu, unggul mengalahkan kompetitornya, Hamdani Syahputra, dalam proses pemilihan Wakil Walikota Binjai tersebut.


Rizky meraih 26 suara anggota legislatif Binjai, sedangkan Hamdani meraih dua suara, dan satu suara dinyatakan tidak sah. Pemilihan tersebut dilandasi karena Walikota Binjai terpilih, Juliadi, meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Posisi Juliadi lantas diambilalih oleh wakilnya, Amir Hamzah, yang kini sudah dilantik menjadi Walikota Binjai definitif. (Tra)