Iklan

Jumat, 22 Oktober 2021, 16.10.00 WIB
Last Updated 2021-10-22T09:10:47Z
Anak Negeri

Hari Santri Nasional Diperingati Diseluruh Indonesia

Berita Viral

 

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Hari Santri Nasional (HSN) di Peringati setiap tanggal 22 Oktober. Berbagai cara bisa dilakukan untuk ikut memeriahkan Hari Santri Nasional pada tahun 2021. Namun ditengah Pandemi Covid-19 yang sedang melanda, diharapkan kegiatan yang berpotensi memimbulkan klaster baru, harus dihindari.


Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Binjai. Pada peringatan HSN tahun 2021 ini, mereka melaksanakan Upacara virtual zoom meeting dengan Kementrian Agama Republik Indonesia, yang dilaksanakan di Aula Pemko Binjai, Jalan Jend Sudirman, Kelurahan Kartini, Kota Binjai, Jumat (22/10) Pagi.


Turut hadir dalam acara Peringatan Hari Santri Nasional 2021, Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M.AP, Wakil Walikota Binjai H Rizky Yunanda Sitepu, Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, Pasi Pers Kodim 0203/LKT Kapten (Inf) Edi Susanto, Sekda Kota Binjai H Irwansyah Nasution, Kepala Kemenag Kota Binjai H Ainul Aswad, 

7. Pengadilan Agama Kota Binjai Helmilawati, Kabag Sumda Polres Binjai Kompol Deny, Ustadz Zaharuddin Batubara, Ustad Kamal Aini, sejumlah OPD dilingkungan Pemko Binjai, serta puluhan Santri.


Upacara virtual zoom meeting dengan Kementrian Agama Republik Indonesia ini diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur'an, laporan Panitia Hari Santri Nasional Kota Binjai 2021 sekaligus pembagian Hadiah yang dilanjutkan dengan sambutan Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah.


"Kita patut bersyukur saat ini Santri mempunyai hari yang sangat Istimewa. Sebab, Presiden Joko Widodo telah menetapkan secara resmi bahwa melalui keputusan Presiden nomor 22 tahun 2015, setiap tanggal 22 Oktober dijadikan sebagai Hari Santri Nasional," ungkaap Walikota Binjai dalam sambutannya.


Menurut Amir Hamzah, hal ini sebagai bukti pengakuan negara atas jasa para Ulama dan Santri dalam perjuangan merebut, mengawal dan mempertahankan serta mengisi Kemerdekaan. 


"Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan penandatanganan revolusi Jihad para Santri untuk melawan penjajah," urainya.


Dihadapan para hadirin, Walikota Binjai juga menegaskan, Santri merupakan sebagai pribadi yang memiliki prilaku dan memegang teguh akidah akidah, nilai, serta ajaran yang ada, sehingga menjadi panutan ditengah tengah masyarakat. 


"Melalui momen Hari Santri Nasional yang sangat baik ini, marilah kita berupaya untuk memberikan motivasi kepada Santri untuk terus belajar dan menuntut ilmu, baik ilmu agama, ilmu pengetahuan umum maupun teknologi informasi yang saat ini tidak dapat dihindari keberadaannya," ungkapnya.


Dalam kegiatan ini, para Santri yang hadir juga menampilkan kemampuannya di hadapan Walikota Binjai serta tamu undangan lainnya. (Kus)