Iklan

Sabtu, 09 Oktober 2021, 16.08.00 WIB
Last Updated 2021-10-09T09:08:16Z
Berita Hari Ini

Meriahkan HUT TNI Ke 76, Kodim 0203/LKT Gelar Vaksinisasi Masyarakat

Berita Viral


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-76 yang jatuh pada 5 Oktober 2021 lalu, Kodam l/BB melalui Kodim 0203/LKT, menggelar Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, Sabtu (9/10).


Mengusung tema "Serbuan Vaksinasi Kodam l/BB Kepada Seluruh Warga Kota Binjai dan Sekitarnya di Wilayah Kodim 0203/LKT" kegiatan yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Jalan Jambi, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan ini juga bertujuan untuk mensukseskan Program Pemerintah. 


Komandan Kodim 0203/LKT, Letkol (Inf) Wisnu Joko Saputro, saat dikonfirmasi awak media dilokasi kegiatan membenarkan jika Vaksinasi yang dilakukan saat ini merupakan bagian dalam rangka HUT TNI ke-76.


"Vaksinasi ini kita buat secara khusus dalam rangka memeriahkan HUT TNI Ke-76. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu guna mensukseskan program Pemerintah yaitu mewujudkan herd imunity dengan cara memberikan vaksinasi Covid-19 untuk seluruh warga Indonesia," tegas Letkol (Inf) Wisnu, didampingi berapa Perwira TNI, sembari berharap semoga apa yang diinginkan dapat segera tercapai dengan adanya kegiatan seperti ini.



Dirinya juga mengatakan, menurut data terakhir yang ia terima, saat ini status Kota Binjai dalam kategori level 3. "Ada 2 Kota di Sumut yang masuk kategori level 3, yaitu Kota Binjai dan Padang Sidempuan," urainya. 


Dengan digelarnya Vaksinasi ini, Dandim 0203/LKT berharap Kota Binjai dapat menurun status levelnya. "Selain untuk mencapai herd Imunity, salah satu indikator untuk penurunan level diantaranya adalah jumlah warga yang sudah tervaksin," beber Letkol (Inf) Wisnu. 


Disinggung berapa jumlah dosis Vaksin yang disiapkan dalam kegiatan hari ini, serta Vaksinasi jenis apa yang digunakan, Perwira Menengah TNI AD ini menegaskan bahwa pihaknya menyiapkan 1.000 dosis Vaksin. 


"Untuk pelaksanaan hari ini, targetnya sebanyak 1.000 orang. Sasarannya adalah masyarakat. Sedangkan vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac," tegas Dandim 0203/LKT.


Letkol (Inf) Wisnu Joko Saputro juga menambahkan, dalam kegiatan Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan saat ini, pihaknya melibatkan beberapa unsur yang ada di Kota Binjai dan Langkat, seperti Polres Binjai, Batalyon infanteri 8 Marinir Pangkalan Berandan, serta Pemerintah Kota Binjai.


"Sedangkan untuk tenaga kesehatannya terdiri dari 8 tim yang berasal dari Kesrem, Langkat, Polres Binjai, Pemko Binjai, serta Batalyon 8 Marinir Pangkalan Berandan," beber Alumni Akmil tahun 2002 ini. 


Senada, Komandan Batalyon Infanteri 8 Marinir Pangkalan Berandan, Letkol Marinir Farick, M. Tr. Opsla, yang hadir dalam acara ini juga menegaskan, kegiatan Vaksinasi yang dilaksanakan kali ini yaitu dalam rangka memeriahkan HUT TNI Ke-76.


"Dalam kegiatan memeriahkan HUT TNI ini, kita bersinergi dari TNI - Polri yang terdiri dari berbagai macam kesatuan, seperti Kodim 0203/LKT, Polres Binjai, Yonif 8 Marinir serta tenaga kesehatan. Semua kita bersatu guna mensukseskan program Pemerintah, yaitu menciptakan herd imunity," tuturnya.


Sebagai Danyonif 8 Marinir Pangkalan Berandan, Letkol (Mar) Farick juga menjelaskan bahwa pihaknya juga sudah melaksanakan Vaksinasi kepada masyarakat. 


"Seminggu yang lalu kita juga adakan vaksinasi kepada para nelayan di daerah Pangkalan Brandan, serta masyarakat yang berada di Perlis," urai Letkol (Mar) Farick. 


Ditempat yang sama, Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, meapresiasi kegiatan Vaksinasi yang digelar Kodam l/BB melalui Kodim 0203/LKT.


"Untuk mengatasi pandemi, kita tidak bisa bekerja sendiri. TNI - Polri dan masyarakat harus bersama sama untuk mengatasi pandemi Covid-19 ini," ungkap Kapolres Binjai, seraya menghimbau masyarakat untuk tetap disiplin Prokes dalam kehidupan sehari hari meski sudah melakukan Vaksinasi. 


Diketahui, ada yang special dalam kegiatan Vaksinasi yang digelar kali ini di GOR Binjai. 


"Yang special adalah, kenapa kita selenggarakan bersama sama. Perlu diketahui, kami tergabung dalam Organiasi DUAJA yang artinya Dua Ribu Dua saja. Dandim 0203/LKT merupakan Alumni Akmil tahun 2002, Kapolres Binjai Alumni Akpol 2002, serta Danyonif 8 Marinir juga merupakan Alumni Angkatan Laut tahun 2002. Kami disini tergabung dalam satu paguyuban yang sama, yaitu Darat, Laut, Udara dan Kepolisian jadi ada wadah organisasi kami," ungkap Dandim 0203/LKT, Danyonif 8 Marinir Pangkalan Berandan, serta Kapolres Binjai secara bersama sama, sembari mengucapkan Dirgahayu TNI ke-76 !!!


Serbuan Vaksinasi Kodam l/BB yang diperuntukkan bagi warga Kota Binjai dan sekitarnya di wilayah Kodim 0203/LKT ini pun diapresiasi oleh para peserta. 


Salah satunya adalah Via Fani Syahputri (18). Warga Binjai Utara ini mengaku, dirinya ikut menjadi peserta dalam kegiatan ini karena ingin meningkatkan imun tubuh serta ikut mensukseskan anjuran Pemerintah.


"Terima kasih kepada pihak penyelenggara. Ini merupakan yang pertama saya mengikuti Vaksin. Semoga kita segera terbebas dari Pandemi Covid-19," harap wanita berhijab ini.


Pantauan awak media dilokasi, pelaksanaan Vaksinasi yang digelar di GOR Binjai ini berjalan tertib serta menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). (Tra)