Iklan

Selasa, 26 Oktober 2021, 11.17.00 WIB
Last Updated 2021-10-26T04:17:31Z
Berita Hari Ini

Peringati Hari Dharma Karya Dhika 2021 Lapas Binjai Gelar Berbagai Kegiatan Sosial

Berita Viral

 

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021 yang jatuh pada hari ini, Selasa 26 Oktober, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas llA Binjai yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, menggelar berbagai kegiatan.


Seperti yang terlihat hari ini, Selasa (26/10) pagi, dalam rangka memperingati HDKD Tahun 2021, para Pejabat, Staff dan ASN yang ada dilingkungan Lapas Binjai, melaksanakan Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Syuhada Kota Binjai.


Hal itu dibenarkan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas llA Binjai, Maju Amintas Siburian A.Md IP S.Pd MH. Menurutnya, selain Upacara Tabur Bunga dalam rangka memperingati HDKD Tahun 2021, masih ada kegiatan lainnya yang merupakan program dari Kementerian Hukum dan HAM.


"Sebagai generasi penerus bangsa, kita wajib menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan nyawa dan hartanya untuk kemerdekaan negara kita. Untuk itu kita juga melakukan upacara tabur bunga di TMP Syuhada Kota Binjai," ungkap Maju Amintas Siburian, saat dikonfirmasi awak media.


Tidak hanya Upacara Tabur Bunga, lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Karutan Medan ini, dalam rangka memperingati HDKD Tahun 2021, pihaknya juga sebelumnya melaksanakan kegiatan lainnya, seperti Donor darah dan Baksos.


"Dalam rangka memperingati HDKD Tahun 2021, sebelumnya kami juga melaksanakan Baksos, donor darah serta kegiatan lainnya. Hal itu juga menjadi bagian dari program Kemenkumham," urai Kalapas Binjai.


Disinggung apa harapannya (secara pribadi) dalam HDKD Tahun 2021 ini, pria yang selalu akrab dengan awak media ini menjawabnya dengan santun.


"Kalau ditanya harapan secara pribadi khususnya karir, biarlah atasan yang menilai. Yang pasti kita terus bekerja dan loyal terhadap pimpinan. Intinya kita harus amanah dengan jabatan yang kita emban," tutur Maju Amintas Siburian.


Sebagai Kalapas, Maju Amintas Siburian juga berharap kepada para WBP yang memdekam di Lapas Kelas llA Binjai, untuk tetap bersabar dimasa Pandemi Covid seperti saat ini.


"Kepada para WBP, kami berharap untuk bersabar dan tetap berdoa serta terus beribadah menurut kepercayaan masing masing. Teruslah memperbaiki diri dan berbuat baik. Yakinlah, jika kalian berbuat baik, tentunya sekembalinya dari sini, masyarakat akan menerima kalian karena telah menjalani hukuman dari perbuatan yang sudah melanggar hukum," demikian kata Maju Amintas Siburian, seraya menambahkan, hingga hari ini adapun WBP yang mendekam di Lapas Kelas llA Binjai sebanyak 1.888 orang.


Senada, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka KPLP) Kelas llA Binjai, Rinaldo Tarigan, mengatakan pada HDKD Tahun 2021 ini, ia menghimbau kepada para staff dan WBP, untuk selalu mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kedaulatan negara kita.


"Selain sebagai kesatuan Pengamanan yang bertugas di Lapas, kami tidak hanya menjalankan tugas saja, namun kami juga harus menghargai para pejuang yang telah mendahului kita. Seperti tadi pagi, kami bersama Bapak (Kalapas-red) dan rekan rekan lainnya,  melaksanakan Upacara Tabur Bunga di TMP Syuhada. Artinya JAS MERAH (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah), khususnya sejarah Kementerian Hukum dan HAM," ungkap pria lajang ini, sembari mengucapkan Dirgahayu HDKD Tahun 2021.


Diketahui, dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara menggelar Legal Expo yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat umum.


Ada beberapa layanan yang diberikan oleh Kanwil Kemenkumham Sumut dalam kegiatan yang digelar selama 2 hari (25 - 26  Oktober 2021) diantaranya, Kanwil Sumut Legal Expo, Pameran Layanan Publik, Layanan Konsultasi Hukum dan Bantuan Hukum serta Podcast live Youtube dan Instagram Kanwil Kemenkumham Sumut. (Tra)