Iklan

Rabu, 13 Oktober 2021, 20.18.00 WIB
Last Updated 2021-10-13T13:18:33Z
Berita Terkini

Ratusan Warga LMP Sambut Kedatangan Atlit Beladiri " Sambo" Usai Berlaga Di PON XX Papua

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Organisasi Kemasyarakatan Laskar Merah Putih (LMP) Sumut dan Kota Binjai, menyambut kedatangan atlit Beladiri "Sambo" yang baru saja berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, tahun 2021, yang mewakili Provinsi Sumatera Utara. 


Penyambutan yang digelar di salah satu Cafe yang beralamat di Jalan Pangeran Diponegoro, Kecamatan Binjai Timur, Rabu (13/10) sore, dihadiri oleh seluruh atlit Sambo asal Sumut, Ketua dan Pengurus Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Sumut dan Kota Medan dan Binjai, Pengurus Markas Daerah LMP Sumut, serta Pengurus Markas Cabang Kota Binjai. 


Diakui Ketua Umum Persambi Sumut, Bripka Pol Jansa Putra Nainggolan, Tim Sambo yang tergabung dalam Persambi Sumut, hari ini kembali dari Exsibisi PON XX Papua 2021.

"Hari ini kami kembali dari PON XX Papua 2021 dengan hasil yang tidak mengecewakan, yaitu berhasil membawa 3 Medali Emas dan 1 Medali Perak," ungkap Jansa Putra Nainggolan. 


Adapun para atlit Sambo asal Sumut yang berhasil meraih medali menurutnya, atlit asal Medan yang berhasil meraih 2 Medali Emas, atlit asal Kabupaten Asahan 1 Medali Emas, serta atlit asal Tanah Karo meraih 1 Medali Perak. 


Namun dikarenakan masih Exsibisi, lanjut Jansa Putra, maka para atlit Sambo asal Sumut yang diberangkatkan pada PON XX Papua 2021, memakai biaya secara mandiri. 


"Beruntung Ketua Persambi Kota Medan Bapak Syaiful Bahri, berpartisipasi atas keberangkatan kami ke Papua," urai pria berpostur tinggi ini. 


Disinggung apa langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh Persambi Sumut kepada para atlit Sambo yang berprestasi serta ikut mengharumkan Provinsi Sumut pada PON XX Papua ini, pria yang juga merupakan seorang Polisi ini menegaskan bahwa pihaknya akan terus membina para atlit atlit Sambo berbakat.


"Atas prestasi ini, anak anak ini akan kita ajukan ke KONI, selamjutnya akan kita asah terus kemampuannya untuk menghadapi PON XXI tahun 2024. Kebetulan Sumut menjadi tuan rumah," tegas Jansa Putra Nainggolan.


Disoal apakah para atlit Sambo asal Sumut yang dimaksud akan diberikan reward usai berlaga di PON XX Papua dan berhasil menggondol Medali, Ketua Persambi Sumut ini menjelaskan bahwa hal itu akan diserahkan ke pengurus daerah masing masing asal atlit.


"Untuk reward, akan kita usulkan ke daerah daerah masing masing. Sebab atlit ini telah mengharumkan nama Sumut, khususnya daerah asal," bebernya.


Ditempat yang sama, Ketua Markas Daerah LMP Sumut, Syaiful Bahri, memberikan apresiasi kepada para atlit dan Pengurus Persambi Sumut.


"Sambo menurut kami merupakan salah satu cabang olahraga yang saat ini sedang naik daun di Sumut secara khususnya, dan Indonesia secara umum," ujar Syamsul Bahri. 


Pria yang juga dipercaya menjabat sebagai Ketua Persambi Kota Medan ini juga menegaskan, saat ini, olahraga beladiri saat ini kerap di pertandingkan diberbagai event, baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.


"Olahraga ini juga dipertandingkan di negara Asia dan Asean. Pada PON XXI Sumut yang akan digelar pada tahun 2024 nanti, olahraga ini juga akan kembali dipertandingkan, " kata Syaiful Bahri, sembari mengatakan bahwa olahraga ini sudah dipertandingkan ditingkat dunia.


Sebagai Ketua Markas Daerah LMP Sumut, sekaligus Ketua Persambi Kota Medan, Syaiful Bahri mengatakan, para atlit yang meraih Medali serta para pengurus Persambi, merupakan pejuang pejuang olahraga di Exsibisi PON XX Papua 2021.

 

"Pesan moral kami, kalaupun Pemerintah belum mau menyambut, maka kami dari salah satu Ormas di Sumut ini sangat menghormati para atlit dan pengurus yang telah berjuang dan mengharumkan nama Sumut," beber Syaiful Bahri. 


Diketahui, PON XX Papua 2021, Persambi Sumut mengirimkan 6 orang atletnya serta berhasil meraih 3 Medali Emas dan 1 Perak.


Adapun atlit Sambo yang meraih Medali Emas yaitu :


Willy Pratama (Putra)

Andry Irwansyah Silaen (Putra)

Azlina Ramadini (Putri)


Sedangkan peraih Medali Perak yaitu Ayu Wulandari (Putri).


Sambo merupakan seni bela diri modern yang dikembangkan di Uni Soviet, serta merupakan beladiri tanpa senjata. (Tra)