Iklan

Rabu, 20 Oktober 2021, 12.34.00 WIB
Last Updated 2021-10-20T05:34:43Z
Berita Terkini

Terlibat 363 Nasib Kelana Diamankan Polsek Binjai Barat

Berita Viral

 

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Petugas Kepolisian dari Polsek Binjai Barat, Polres Binjai, berhasil mengungkap kasus tindak pidana Pencurian serta berhasil mengamankan seorang pelakunya, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 Ayat 1 ke 3e,5e  KUHPidana, Selasa (19/10) sore, sekira Pukul 18.00 Wib.


Penangkapan itu berdasarkan laporan Polisi dengan nomor :  LP/ 64 / IX/2021/SPKT/Binjai Barat, tertanggal 13 September 2021, serta TKP berada di Jalan Umar Baki, Lingkungan IV Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat.


Adapun pelaku dalam kasus tindak pidana pencurian ini adalah Nasib Kelana alias Nasib (42) warga Jalan Umar Baki, Lingkungan IV Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat.


Sedangkan korban sekaligus pelapor adalah Purwandi (33) warga Jalan Umar Baki, Lingkungan IV Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat.

 

Terjadinya tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh pelaku berawal pada Rabu (8/9) sekira Pukul 09.00 Wib, dimana pada saat pelapor dihubungi oleh Sepupunya bahwa rumahnya di bobol oleh maling.


Walau pada saat itu pelapor berada di daerah Namuterasi (Langkat) untuk menjaga istrinya yang baru melahirkan, namun ia langsung menuju rumahnya serta memeriksa barang barang yang hilang dari dalam rumahnya.


Terjadinya tindak pidana pencurian serta berhasil diamankannya pelaku tersebut dibenarkan oleh Ps Kapolsek Binjai Barat AKP Siswanto Ginting. Menurutnya, dalam penangkapan itu, pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti.


"13 (Tiga Belas) Unit Handphone juga berhasil diamankan sebagai barang bukti," ungkap AKP Siswanto Ginting, Rabu (20/10) siang.


Dalam aksi pencuriannya itu, korban kehilangan 13 unit Hanphone, 1 unit mesin pompa air, 1 unit mesin kulkas, 2 unit sanggul TV, 1 buah tabung gas 3 Kg, 1 unit magic com, serta 1 buah Helm LTD.


"Korban mengalami kerugian sekitar Rp 5.000.000 (Lima Juta Rupiah)," urai Ps Kapolsek Binjai Barat.


Diamankannya pelaku menurut Siswanto Ginting, bermula saat Kanit Reskrim Polsek Binjai Barat Ipda HM Firdaus, mendapat informasi dari sumber yang dapat dipercaya bahwa seorang pria yang diduga pelaku pencurian tersebut sedang berada di Jalan Umar Baki, Lingkungan IV Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat.


selanjutnya, Ps Kapolsek Binjai Barat AKP Siswanto Ginting, langsung memerintahkan Kanit Reskrim beserta team Unit/Penyidik Pembantu  reskrim, untuk langsung meluncur ke objek yang dimaksud.


"Setibanya diobjek yang dimaksud, ternyata benar ada seorang pria yang diduga kuat pelaku pencurian tersebut sesuai dengan hasil lidik di lapangan dan langsung diamankan," ungkap Perwira pertama Polisi ini.


Pada saat dilakukan introgasi, lanjut Polisi yang juga menjabat sebagai Kasubbaghumas Polres Binjai ini, akhirnya pelaku mengakui perbuatannya.


Kini, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku beserta barang bukti dibawa ke Mapolsek Binjai Barat. (Tra)