Iklan

Rabu, 20 Oktober 2021, 13.23.00 WIB
Last Updated 2021-10-20T06:23:18Z
Hukum dan kriminal

Terlibat Pencurian Kabel Tower Dua Warga Langkat Ditangkap Polsek Binjai Timur

Berita Viral
Pelaku berikut barang bukti yang diamankan petugas


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Dua orang pria yang diketahui bernama Ibnu Yasir (32) seorang Karyawan PT Putra Mulia Telekomunikasi (PMT) warga Dusun IV Pasar Baru, Desa Tanjung Ibus, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, serta Daniel Elwanda Bangun (25) Karyawan PT Harapan Utama Prima, yang merupakan warga Dusun II Lorong Gereja, Desa Durian Lingga, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat, diamankan Petugas Kepolisian dari Polsek Binjai Timur, Polres Binjai, Selasa (19/10) malam, sekira Pukul 20.00 Wib.


Diamankannya kedua pria tersebut karena diduga sebagai pelaku tindak pidana pencurian Kabel Tower. Hal itu berdasarkan laporan Polisi dengan nomor : LP / 50 / X / 2021 / SPKT Bj. Timur, tertanggal 19 Oktober 2021.


Adapun Kabel Tower yang dicuri oleh kedua pria yang berhasil diamankan dirumahnya masing masing tersebut berada di Jalan P Diponegoro, Lingkungan VIII Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur. Aksi itu dilakukan mereka pada hari Senin (18/10) sekira Pukul 19.00 Wib.


Sedangkan pelapor dalam tindak pidana pencurian itu adalah PT Citra Teknik Nusantara yang diwakili oleh Michael Ginting (19) warga Dusun I Kelurahan Negara Beringin, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang.


Menurut Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, melalui Kasubbaghumas AKP Siswanto Ginting, menjelaskan, diamankan kedua pelaku berawal saat dua orang pria mendatangi Polsek Binjai Timur, Selasa (19/10) sekira Pukul 20.00 Wib, untuk melaporkan peristiwa pencurian kabel tower yang berada di Jalan Diponegoro, Lingkungan VIII Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur.


Menindaklanjuti laporan tersebut, Kapolsek Binjai Timur AKP Arifin Pardede, langsung memerintahkan Kanit Reskrim Ipda Fery Yudo dan Opsnal Reskrim bersama saksi, menuju TKP. 


"Setibanya di TKP yang dimaksud, petugas mendapati enam bekas potongan kabel tower, namun ke-enam kabel yang terpotong tersebut telah hilang," ungkap AKP Siswanto Ginting, Rabu (20/10) siang.


Mendapati adanya bekas potongan kabel, lanjut Siswanto Ginting, Kapolsek Binjai Timur langsung memerintahkan anggotanya untuk melakukan penyelidikan dan interogasi para saksi yang ada di sekitar TKP.


"Dari hasil interogasi terhadap para saksi, diketahui terduga pelakunya adalah dua orang pria, yang juga seorang karyawan," tegas Perwira Pertama Polisi ini.


Lebih lanjut dikatakan Polisi yang saat ini juga menjabat sebagai Ps Kapolsek Binjai Barat, pada saat hal tersebut ditanyakan kepada terduga pelaku, keduanya mengakui perbuatannya tersebut.


"Setelah keduanya mengakui perbuatannya, selanjutnya petugas menyita barang bukti kabel dari rumah pelaku Ibnu Yasir, untuk selanjutnya membawa kedua pelaku dan barang bukti ke Polsek Binjai Timur," urai Kasubbaghumas Polres Binjai, AKP Siswanto Ginting.


Selain kedua pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti berupa 6 buah gulungan Kabel Tower berwarna hitam dengan panjang masing masing sekitar 30 meter, 1 Unit mobil merk Daihatsu Sigra warna silver No Pol BK 1337 ABZ yang digunakan pelaku untuk mengangkut dan membawa Kabel Tower hasil curian tersebut, 1 buah gergaji besi yang digunakan pelaku untuk memotong Kabel Tower, serta 1 unit kunci pas ukuran "14".


"Kerugian ditaksir sebesar Rp 5.000.000 (Lima Juta Rupiah)," kata Siswanto Ginting diakhir pembicaraannya. (Kus)