Iklan

Selasa, 02 November 2021, 17.53.00 WIB
Last Updated 2021-11-02T10:53:26Z
Berita Hari Ini

Antisipasi Banjir, BPBD Binjai Lakukan Mitigasi Pembersihan Sungai Bangkatan

Berita Viral


 Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Guna mengantisipasi terjadinya banjir, Pemerintah kota Binjai melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai melakukan mitigasi Bina Tangguh Bencana dengan membersihkan aliran sungai Bangkatan yang berada di jalan Sultan Hassanuddin, Kecamatan Binjai Kota, Selasa (02/11).


Plt Kepala Pelaksana BPBD Binjai, Zulfikar S.Sos MAP melalui Kabid BPBD Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Gelora Jaya Nanda SP, saat berada dilokasi mengatakan, kegiatan bersih sungai ini memang telah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan BPBD dan Kegiatan ini akan terus dilakukan di seluruh Kelurahan yang ada di Kota Binjai.


“Untuk kali ini Kegiatan dilaksanakan di Kelurahan Kartini kecamatan Binjai kota sebagai bentuk komitmen pemerintah kota melalui BPBD Kota Binjai dalam mengurangi resiko bencana banjir disaat masuk musim penghujan yang bersinergi melalui Camat Binjai Kota dan Lurah Kartini beserta Kepala Lingkungan (Kepling),” ujarnya.

Gelora juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan berkesinambungan di Kecamatan Kecamatan lainnya. Dalam kegiatan tersebut, BPBD Binjai langsung menerjunkan sebanyak 30 Satgas BPBD.


"Dalam bulan bulan ini cuaca sangat ekstrim yang memungkinkan tingkat curah hujan sangat tinggi sehingga kita melaksanakan pembersihan sungai guna mengantisipasi bahaya bencana banjir," ujarnya.


Dengan Kegiatan ini, dirinya berharap dapat mengurangi dampak resiko banjir yang kemungkinan bisa saja terjadi dikota binjai disaat akhir akhir tahun di musim penghujan ini.


Gelora juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah ke Sungai.


“Bagi masyarakat khususnya di Kota Binjai, diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan jadikanlah sungai menjadi lingkungan yang bersih bagi kita semua," pesannya.


Pada kesempatan itu, Kabid BPBD tersebut mengkoordinir kegiatan sampai selesai. Sampah yang telah dibersihkan selanjutnya diangkut oleh kendaraan dinas Kecamatan Binjai Kota untuk selanjutnya di bawa ke TPA. (Tra)