Iklan

Jumat, 12 November 2021, 13.19.00 WIB
Last Updated 2021-11-12T07:03:08Z
Berita Hari Ini

Bahas Pemilu 2024, PWI & KPU Langkat Bersiap Mengedukasi Masyarakat

Berita Viral
Ketua KPU Sopian Sitepu didampingi Komisioner lainya saat diterima Ketua PWI Langkat Darwis Sinulingga diruangan rapat Kantor PWI bersama unsur pengurus


Langkat- Metrolangkat-binjai.com



Dekati Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang banyak hal perlu disiapkan, termasuk membangun literasi yang mengedukasi masyarakat lewat pemberitaan. 


"Literasi positif dari pemberitaan perlu dibangun di tengah masyarakat pada persiapan Pemilu," sebut Ketua KPU (Komisioner Pemilihan Umum) Langkat Sopian Sitepu saat melakukan silaturahmi dengan PWI ( Persatuan Wartawan Indonesia) Kabupaten Langkat, di Kantor PWI Langkat, Stabat, Jum'at (12/11/2021). 

Ketua PWI Darwis Sinulingga disamping Sekertaris Sukardi Bakara saat menyambut Ketua KPU Sopian Sitepu dan Komisioner lainya.


Ia didampingi Komisioner KPU Divisi Tekhnis Penyelenggaraan Muhammad Khair, Komisioner KPU  Divisi Hukum dan Pengawasan Ferdiansyah Putra, Staf Subbag Hukum dan SDM Nova Versita PA dan Staf Subbag Hukum dan SDM Tengku Sheilla Noviza. 


Disambut Ketua PWI Langkat M. Darwis Sinulingga didampingi  Sekretaris Sukardi F. Bakara, Bendahara M. Kadri Munir Koto serta sejumlah pengurus dan anggota PWI Langkat. 


Sopiyan mengatakan, PWI corong informasi untuk masyarakat. Ia ingin menggandeng PWI untuk menyebarkan berbagai informasi yang berkaitan dengan Pemilu yang notabenenya sangat perlu diketahui masyarakat. 

Ketua PWI Langkat Darwis Sinulingg dan Ketua KPU Langkat Sopian Sitepu  beserta jajaran dan pengurus photo bersama usai acara


"Kami memiliki bidang kehumasan, tapi masih kurang untuk membackup Langkat yang luas. PWI ujung tombak informasi, kami perlu menggandeng untuk menyebar luaskan pemberitaan positif," ujar Sopian. 


Misalnya seperti kasus adanya orang meninggal masih terdaftar di data pemilihan. Ini sebabnya karena keluarga almarhum tidak melaporkan ke dinas terkait, hingga namanya tetap tercatat. 


Jadi persoalan ini, harus diketahui masyarakat agar mengurangi banyaknya data yang tidak valid. Disinilah peran PWI dianggap perlu dalam menyampaikan informasi ke masyarakat. 


"Kami harap melalui pemberitaan dari wartawan yang bernaung di PWI, masyarakat kita menjadi lebih cerdas dalam menyikapi berbagai aturan pada pesta demokrasi," harapnya. 


Menambahkan, Komisioner KPU  Divisi Hukum dan Pengawasan Ferdiansyah Putra menyampaikan, saat ini jadwal pasti dilaksanakan Pemilu dan Pilkada belum terjadwal. 


Namun informasi terakhir yang didapat, Pilpres dan Pileg diselenggarakan pada Februari atau Mei. Sedangkan Pilgub dan Pilkada pada November. 


"Tapi ini baru jadwal sementara, jadwal pastinya belum ditentukan," sebutnya. 


Ia pun menyampaikan, pada Pemilu 2024 mendatang Indonesia akan menghadapi iklim baru pada pesta Demokrasi, yakni melaksanakan dua Pemilu dalam satu tahun. 


"Ini pertama kali, Pilpres - Pileg dan Pilgub - Pilkada dilaksanakan dalam satu tahun pada Pemilu 2024 nanti," tuturnya. 


Sementara, Darwis menyatakan pihaknya siap bersinergi bersama KPU menyukseskan Pemilu 2024 sesuai tupoksi. 


"Kita memiliki wartawan berkompeten dari media surat kabar, siber dan elektronik. Insya Allah mereka siap memberikan informasi yang kredibilitas untuk masyarakat terkait pelaksanaan Pemilu," pungkasnya. (Red)