Iklan

Rabu, 10 November 2021, 19.45.00 WIB
Last Updated 2021-11-10T12:45:12Z
Berita Hari Ini

Begini Suasana Lapas Binjai Sambut Hari Pahlawan 2021

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas llA Binjai Maju Amintas Siburian, menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, yang  diselenggarakan di halaman Upacara Lapas Binjai, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Rabu (10/11).


Mengawali upacara,  Komandan Upacara Freddy Rinaldi Siregar menyiapkan barisan, kemudian dilanjutkan Laporan Perwira Upacara yang dipercayakan kepada Raymond Andika Girsang.


Sedangkan pada prosesi upacara yang tetap mengutamakan Protokol Kesehatan (Prokes) tersebut, adapun naskah Pancasila dibacakan oleh Kalapas Binjai Maju Amintas Siburian, sedangkan untuk naskah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dibacakan oleh Fidelis H Simorangkir dan Pembacaan Teks Pesan pesan Pahlawan oleh Nadia Novitri Hasibuan.



Untuk pasukan pengibaran Bendera Merah Putih dipercayakan kepada Dani Winata, Sandy Presley Tambunan, Riadi Aditya Tarigan. Sedangkan Pembawa acara peringatan Hari Pahlawan adalah Risti Anggita.


Didaulat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, Kalapas Binjai Maju Amintas Siburian membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini.


"Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap 

penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan.


 Ratusan tahun kita terpecah pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba.Para pendiri bangsa ini menyadarinya

dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. Inilah pelajaran berharga. Lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan.

Kita sadar bahwa kita berbeda beda, tetapi jangan sampai terpecah pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928. Kita harus terus menggelorakan semangat Gotong royong serta Persatuan dan 

Kesatuan Indonesia. Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar seloka : Bhinneka Tunggal Ika, berbeda beda namun tetap satu jua," ucap Menteri Sosial RI dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kalapas Kelas llA Binjai, Maju Amintas Siburian.


"Melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, marilah kita bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing," kata Tri Rismaharini. 


Pada kegiatan Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 di Lapas Kelas llA Binjai ini, seluruh peserta upacara juga diperdengarkan Mars Kemenkumham yang dipandu oleh Grace Mary Esther. 


Mengusung tema "Pahlawan Inspirasiku" rangkaian upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Zulmy Hermawan. (Kus)