Iklan

Jumat, 05 November 2021, 16.46.00 WIB
Last Updated 2021-11-05T09:46:09Z
Berita Hari Ini

Dinkes Binjai Dukung Pengunaan Vaksin Sinovac Bagi Anak 6-12 Tahun

Berita Viral

 
Sekretaris Dinkes, dr Indra Tarigan

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Dinas Kesehatan Kota Binjai, melalui Sekretaris Dinkes, dr Indra Tarigan, mendukung upaya Pemerintah untuk menggunakan Vaksin jenis Sinovac bagi anak anak usia 6 - 11 tahun.


Hal itu dikatakan Dr Indra Tarigan, saat dikonfirmasi awak media di Kantor Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, Jumat (5/11) siang. Namun, ia mengakui bahwa pihaknya masih menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan terkait ijin yang sudah dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).


"Regulasinya kan belum keluar. Jadi kita sampai saat ini pastinya masih menunggu intruksi dari Kementrian Kesehatan, karena yang kita ketahui masih ijin darurat dari BPOM saja terkait vaksinasi bagi anak anak usia 6 sampai 11 tahun dengan vaksin jenis Sinovac," ungkap dr Indra Tarigan.


Pun begitu, lanjutnya, jika Kementerian Kesehatan meinstruksikan agar segera melaksanakan Vaksinasi terhadap anak anak, maka Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Kesehatan, siap untuk mendukung program itu.


"Dasarnya adalah untuk melindungi semua anak anak, sasarannyapun mungkin terlebih dahulu akan dilakukan pada anak anak yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD). Artinya, biar langsung mengena disasaran. Tentunya dalam hal ini kita akan bekerjasama dengan dinas terkait seperti Dinas Pendidikan," ucapnya.


Diakui dr Indra Tarigan, hingga sampai saat sekarang ini untuk jenis Vaksin yang direkomendasikan adalah dari Bio Farma yaitu jenis Sinovac. "Sebenarnya ini kabar gembira, karena semua aspek seperti dari sisi usia, semua bisa kita vaksinasi," urai Pria yang menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Binjai ini.


Untuk itu, dr Indra Tarigan berharap kepada para orangtua agar mendukung kegiatan tersebut. "Karena tujuannya untuk menjaga anak kita agar lebih safety lagi. Apalagi pelaksaan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) sedang berlangsung di Kota Binjai," demikian kata dr Indra Tarigan diakhir pembicaraannya seraya menegaskan Pemko Binjai melalui Dinas Kesehatan tinggal menunggu intruksi langsung dari Kementrian Kesehatan untuk beberapa waktu ke depan terkait pelaksanaan Vaksinasi.


Diketahui, berdasarkan pertimbangan hasil penilaian terhadap aspek efikasi dan keamanannya, akhirnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui penggunaan Vaksin jenis Sinovac untuk anak anak dari usia 6 sampai 11 tahun.


Hal itu ditegaskan Kepala BPOM, Penny Lukito, saat menggelar Konferensi Pers persetujuan penggunaan vaksin Sinovac, Senin (1/11) kemarin. Menurutnya, vaksin Sinovac yang dimaksud yaitu CoronaVac, serta vaksin Covid-19 Bio Farma. (Kus)