Iklan

Selasa, 16 November 2021, 17.49.00 WIB
Last Updated 2021-11-16T10:49:18Z
Berita Hari Ini

Kandang Kambing Dijadikan Markas, Tiga Pengedar Sabu-sabu Dijinakkan Polisi

Berita Viral

L

Tersangka dan barang bukti sabu-sabunya

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Satresnarkoba Polres Binjai berhssilkan mengamankan pelaku yang memiliki dan menguasai narkotika jenis Sabu Sabu, Sabtu (13/11) lalu.


Kali ini, tiga pria sekaligus yang berhasil diringkus polisi karena diduga memiliki barang haram tersebut. Ketiganya adalah DK, AN dan AP. 


Mereka diamankan di Polisi di Jlan Sei Sekala, Gang Bahagia, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, tepatnya disebuah Kandang Kambing yang kerap dijadikan lokasi transaksi narkotika jenis Sabu Sabu.


Dalam penangkapan itu, puluhan plastik klip berisi serbuk putih yang diduga Sabu Sabu, serta sejumlah uang, ikut diamankan polisi untuk dijadikan barang bukti.


Informasi yang berhasil dihimpun, penangkapan para pelaku berawal saat Kasat Narkoba Polres Binjai AKP M Rian Permana, S.IK, menerima keluhan masyarakat terkait kerapnya terjadi transaksi narkoba di TKP.


Informasi itupun tidak disia siakan. Terbukti, AKP M Rian segera memerintahkan Kanitnya, Ipda Dapot Hutasoit beserta anggota, untuk segera melakukan penyelidikan.


Penyamaran pun dilakukan oleh Petugas agar tidak kehilangan targetnya. Undercover buy dengan cara membeli Sabu Sabu senilai Rp 100.000, dilakukan oleh petugas.


Tak berselang lama, salah seorang pelaku berinisial DK, mendatangi petugas yang sedang menyamar untuk bertransaksi. "Pada saat transaksi, personil langsung melalukan penangkapan terhadap pelaku berinisial DK," ungkap Kasubbaghumas Polres Binjai, AKP Siswanto Ginting, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (16/11) sore.


Pada saat dilakukan penggeledahan terhadap DK, lanjut Siswanto Ginting, petugas berhasil menemukan barang bukti diduga narkotika jenis Sabu Sabu, yang di simpan di dalam kotak kecil warna biru.


"Sebanyak 21 paket berhasil diamankan sebagai barang bukti yang berada di atas meja tepat di samping pelaku," urai Siswanto Ginting. 


Disaat yang bersamaan, petugas juga berhasil mengamankan dua pria lainnya, yaitu AN dan AP, yang pada saat itu juga berada di TKP  dan sudah membeli narkotika jenis Sabu Sabu.


"Kedua pria itu diamankan di TKP, dan sudah membeli Sabu Sabu sebanyak 1 paket kecil dengan harga Rp 50.000 (Lima Puluh Ribu Rupiah," tegas Siswanto, sembari menjelaskan jika target utama dalam penangkapan tersebut adalah DK.


Interogasi pun dilakukan terhadap DK, yang pada saat diamankan berhasil ditemukan 21 paket narkotika jenis Sabu Sabu. 


"DK mengakui bahwa barang bukti tersebut adalah miliknya dan diperoleh dari seseorang berinisial HB, yang beralamat di Kota Medan," ujar Kasubbaghumas Polres Binjai AKP Siswanto Ginting, sembari menegaskan bahwa HB saat ini berstatus sebagai DPO.


Tak sampai disitu, Petugas pun kemudian menggeledah kediaman DK yang tidak jauh dari TKP penangkapan. Lagi lagi, petugas kembali berhasil menemukan barang bukti narkotika jenis Sabu Sabu yang disimpan didalam kotak Hanphone merk VIVO sebanyak 3 paket.


"Sebanyak 3 paket kembali berhssil ditemukan di belakang rumah DK. Bahkan, 1 buah kotak kaca mata yang di dalamnya berisikan 1 buah timbangan elektrik dan 2 bungkus plastik klip kosong, juga ditemukan ditempat yang sama," beber Perwira Pertama Polisi ini.


Usai mengamankan tersangka dan barang bukti, akhirnya personil Satresnarkoba Polres Binjai membawanya ke Mako Polres Binjai, guna dilakukan proses hukum selanjutnya. (Tra)