Iklan

Selasa, 02 November 2021, 14.17.00 WIB
Last Updated 2021-11-02T07:17:31Z
Anak Negeri

LPA Kota Binjai Dukung BPOM Soal Vaksin Untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Berita Viral

 

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Binjai, Rahmad Fadli Sirait, mendukung Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menyetujui penggunaan Vaksin Sinovac, baik itu CoronaVac atau Vaksin Covid-19 Bio Farma, untuk digunakan pada anak usia 6 sampai 11 tahun.


"Harus segera dilakukan. Kami juga mendukung pemberian ijin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari vaksin Sinovac kepada anak usia 6-11 tahun, oleh BPOM. 


Apalagi Vaksinasi terhadap anak saat ini memang sangat dibutuhkan, mengingat proses belajar mengajar telah dilakukan secara tatap muka. Hal itu juga guna mengantisipasi munculnya kluster baru penyebaran virus Covid-19," ungkap Rahmad Fadli Sirait, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (2/11) siang.


Pun begitu, mengingat peruntukannya untuk usia 6 - 11 tahun, maka BPOM perlu mempertimbangkan juga beberapa hal mengingat sistem daya tahan tubuh atau imun anak anak lebih rentan dibandingkan orang dewasa usia produktif.


"Suatu kewajiban juga bagi BPOM, untuk memberikan kepastian bahwa vaksin yang nantinya disuntikkan kepada anak anak, harus benar-benar aman dan teruji klinis serta steril," pungkasnya.


Bukan hanya teruji klinis, lanjut pria berpostur gempal ini, kondisi fisik ketika anak anak akan divaksinasi, juga harus menjadi perhatian utama. "Sebab kita tidak ingin terjadi kesalahan atau sekedar kealpaan, yang berdampak bahaya bagi anak tersebut," tegas Rahmad Fadli Sirait.


Sebagai Ketua LPA Kota Binjai, pria yang juga dipercaya menjabat sebagai Ketua Forwaka Kota Binjai ini juga menegaskan, guna mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan, tenaga medis juga perlu mempeehatikan apakah si anak yang nantinya akan divaksin memiliki riwayat penyakit tahunan atau alergi terhadap obat tertentu.


"Karena anak anak kan lebih sensitif," ujarnya diakhir pembicaraan.


Diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui penggunaan vaksin Sinovac, baik itu CoronaVac dan vaksin Covid-19 Bio Farma, untuk digunakan pada anak usia 6-11 tahun.

Persetujuan ini diberikan atas pertimbangan hasil penilaian terhadap aspek efikasi dan keamanannya.


"Pada hari ini, kami menyampaikan pengumuman, telah diterbitkannya izin penggunaan vaksin Covid-19, dari vaksin Sinovac CoronaVac dan vaksin Covid-19 dari Bio Farma untuk anak usia 6-11 tahun," ujar Kepala BPOM Penny Lukito dalam Konferensi Pers Persetujuan Penggunaan Vaksin Sinovac pada Anak, Senin (1/11) kemarin. (Tra)