Iklan

Rabu, 10 November 2021, 11.54.00 WIB
Last Updated 2021-11-10T04:54:14Z
Berita Terkini

Peringati Hari Pahlawan, FKMB Present Gelar Baca Puisi Di TMP Binjai

Berita Viral

 

Pagelaran baca Puisi dihari Pahlawan di TMP Binjai oleh FKMB

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2021, Forum Kebudayaan Masyarakat Binjai (FKMB) Present, menggelar acara pembacaan Puisi "Pagelaran Puisi Hari Pahlawan 10 November 2021", Rabu (10/11).


Kegiatan yang mengusung tema "Ikuti Zamanmu, Jangan Tinggalkan Budayamu" ini digelar Taman Makam Pahlawan (TMP) Syuhada Binjai, yang beralamat di Jalan T Moh Pahlawan, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, serta diikuti oleh puluhan Budayawan Kota Binjai dan adik adik remaja hingga orangtua yang ikut meramaikan kegiatan ini.



Kegiatan kali ini diawali dengan do'a serta mengheningkan cipta, dan dilanjutkan dengan pembacaan Puisi tepat didepan pintu masuk Taman Makam Pahlawan Syuhada Kota Binjai.


Menurut salah seorang Budayawan Kota Binjai yang hadir dalam kegiatan ini, Jefri Simanungkalit, digelarnya kegiatan Pagelaran Puisi Hari Pahlawan 10 November 2021, karena dirinya beserta rekan rekan yang ikut terlibat dalam acara ini ingin membangkitkan kembali nilai nilai yang sudah tergerus oleh zaman.


"Maka dari itu kita menyampaikan pesan sesuai dengan slogan ikuti Zamanmu jangan tinggalkan budayamu," ungkap Jefri.



Sebagai seorang Budayawan, Jefri juga mengatakan bahwa kegiatan seperti ini nantinya tidak hanya pada momen Hari Pahlawan saja.


"Untuk itu kedepannya kita juga akan mengajak kawan kawan dan kaum millenial, agar kembali membangkitkan budaya yang saya nilai saat ini sudah tergerus oleh zaman," ungkap Jefri, yang juga merupakan salah seorang inisiator kegiatan ini.


Ditempat yang sama, Ketua Forum Kebudayaan Masyarakat Binjai, Putra Irdiansyah, mengaku bahwa saat ini Kebudayaan dan Kesenian kurang mendapat perhatian, khususnya dari Pemerintah.


"Harus kita akui bahwa kebudayaan dan kesenian kurang mendapat perhatian dari Pemerintah. Untuk itu, melalui kegiatan ini kita mengetuk Pemerintah, agar kebudayaan dan kesenian mendapat nilai lebih," ujar Putra, sembari menambahkan, menghargai dan menghormati Pahlawan juga merupakan salah satu bagian dari Budaya.


Berikut beberapa Puisi dalam kegiatan ini : 


- Pahlawan Tak Dianggap

Karya Nini Kyoto 

Dibawakan oleh Nayshiffa Astina Brillianty


- Jejak Jejak Pejuang

Karya NN

dibawakan oleh Az-Zahra Dwi Tantri


- Bambu Runcing

Karya Rayhandi

Dibawakan oleh Rini Agustyani Susilo


- Pengorbanan

Karya Risna

Dibawakan oleh Riska Fitria dan Dona Selvia


- Indonesiaku Merdeka

Karya Ivony Syahfitri

Dibawakan oleh Ivony Syahfitri


- Lanjutkan Perjuanganku

Karya Jefri Simanungkalit 

Dibawakan oleh Slamet Utoyo.


Sementara itu beberapa Puisi lainnya seperti Secuil Bait Buat Pujangga, Ajarkan Kami, serta Kami Yang Dilupakan, ketiganya merupakan karya Jefri Simanungkalit, akan dibawakan pada puncak kegistan, yaitu dikediaman HM Yunus Tampubolon, tokoh Pejuang Pahlawan Budaya Kota Binjai.


"Beliau (HM Yunus Tampubolon-red) merupakan penulis buku sejarah Kota Binjai, serta termasuk designer Tugu Kota Binjai," tutur Putra Irdiansyah.


Usai membacakan Puisi, puluhan orang yang tergabung dalam Forum Kebudayaan Masyarakat Binjai juga menggelar tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Syuhada Binjai.


"Selain membacakan Puisi dan silaturahmi, dikediaman Pak Yunus Tampubolon nanti kami juga akan berbincang bincang tentang sejarah kota Binjai dan budayanya," demikian kata Putra Irdiansyah diakhir ucapannya. (Tra)