Iklan

Jumat, 19 November 2021, 17.50.00 WIB
Last Updated 2021-11-19T10:50:59Z
Kabar Asahan

PKK Asahan Ikut Lomba, PKK Provinsi Sumut Lakukan Monitoring dan Penilaian

Berita Viral


Asahan- Metrolangkat-binjai.com


Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Asahan. Kunjungan dalam rangka monitoring pelaksanaan Lomba Desa Tertib Administrasi PKK, PAAR, UP2K PKK, Hatinya PKK, Iva Test Tahun 2021 berlangsung di rumah dinas Bupati Asahan, Kamis (18/11/2021) sore


Tiba di Asahan tim monitoring PKK Provinsi Sumatera Utara disambut oleh Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Asahan Ny.Yusnila Indriati Taufik, Wakil Ketua II Ny. Hj. Derlina John Hardi Nasution, Sekretaris Ny. Hj. Nurasyah Rahmat Hidayat Siregar, para Pokja, dan pengurus lainnya.


"Kehadiran tim monitoring Provinsi tentunya dapat menambah motivasi bagi TP PKK Kabupaten Asahan untuk terus meningkatkan semangat membangun desa dalam rangka menghasilkan visi Pemerintahan Kabupaten Asahan yaitu masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter ujar Sekretaris TP PKK Kabupaten Asahan, Ny. Hj. Nurasyah Rahmat Hidayat Siregar.


Disela kunjungan itu Nurasyah menyampaikan tentang aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK. Dimana Sistem Informasi Manajemen adalah merupakan suatu proses pengumpulan data secara sistematis sehingga menghasilkan suatu informasi sebagai dasar dalam proses pengambilan keputusan.


Sehingga SIM PKK diharapkan mampu memberi data dan informasi tentang 10 Program Pokok PKK secara cepat, tepat, akurat dan menyeluruh mulai dari tingkat Dasawisma, Desa/ Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan tingkat Pusat.


"Di era digital seperti saat ini Teknologi Informasi (TI) menjadi suatu kebutuhan. Jadi melalui aplikasi ini dapat mengoptimalkan dari sisi pengelolaan data dan penyebaran informasi mengenai kegiatan PKK," ujar Nora.


Masih dikatakan Nurasyah tujuan dari SIM PKK ini adalah tersedianya data informasi  warga binaan dan kader PKK yang akurat, membantu pemerintah dalam pelaksanaan program pembangunan, serta pembangunan yang tepat sasaran guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera.


Artinya P PKK dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, sampai kota memiliki andil dalam pembangunan di Kabupaten Asahan. Dengan keberadaan aplikasi SIM PKK diharapkan mampu mendorong kinerja kader untuk lebih profesional.


"Semua data terkait PKK akan terintegrasi di aplikasi SIM PKK. Sehingga data-data tersebut menjadi lebih akurat, tepat, dan menyeluruh dari tingkat dasa wisma. Aplikasi SIM PKK berbentuk website dan dapat diakses melalui aplikasi e-PKK," terang Nur.


Setelah acara ramah tamah di rumah dinas Bupati Asahan, tim monitoring PKK Provinsi Sumatera Utara didampingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan. Selanjutnya meninjau langsung Taman Toga di Sidodadi, Hijau Surya di Sei Renggas, dan ke Kecamatan Buntu Pane melihat Kerajinan tangan yang dihasilkan dari karya masyarakat dan beberapa binaan PKK Kecamatan.(Depram)