Iklan

Selasa, 16 November 2021, 16.10.00 WIB
Last Updated 2021-11-16T09:10:45Z
Berita Hari Ini

Puluhan Warga Rambung Demo Tolak Proyek JDU- SPAM,Warga : Jalan Kami Jangan Dirusak

Berita Viral


Warga mengelar Aksi Demo Tolak Proyek JDU-SPAM yang ada di lingkungan mereka


 Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Puluhan masyarakat yang berasal dari lingkungan V Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, menggelar aksi unjukrasa di Pertigaan Jalan Padang Sidempuan - Jalan Jambi, tepatnya dilokasi pembangunan proyek Jaringan Distribusi Utama (JDU) pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang berada di Jalan Gunung Jaya Wijaya, Kecamatan Binjai Selatan, Selasa (16/11) siang.


Dalam unjukrasa yang dipimpin oleh Edy Syahputra Nasution, puluhan warga menyampaikan aspirasinya terkait penolakan penggalian jalan untuk jaringan Pipa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Mebidang yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya, menyebabkan berbagai kerugian/dampak negatif bagi warga setempat.

Pantauan awak media, aksi unjukrasa dilaksanakan secara spontan, di mana warga secara berangsur angsur berkumpul di Pertigaan Jalan Padangsidimpuan - Jalan Jambi, setelah mendengar pemberitahuan/ajakan menggunakan Megaphone oleh Edy Syahputra Nasution, untuk menolak penggalian jalan untuk jaringan pipa SPAM.


Dengan berjalan kaki, warga menuju Kantor Lurah Rambung Barat, yang berjarak sekitar 200 meter sambil membawa beberapa kertas karton yang isinya bertuliskan penolakan proyek tersebut.


"Jalan kami jangan dirusak, kami melawan. Tolak proyek yang merugikan warga. Jangan sampai hilang kesabaran kami," berikut isi tulisan di karton yang dibawa oleh para pengunjukrasa.


Setibanya di Kantor Lurah Rambung Barat, puluhan masyarakat yang menggelar aksi unjukrasa tersebut diterima langsung oleh Edy Febrianto, Lurah Rambung Barat.


Dihadapan Lurah Rambung Barat, warga dengan tegas menolak penggalian jalan untuk pipa SPAM di ruas jalan Jambi oleh PT Hutama Karya, yang diperuntukkan sebagai jaringan pipa SPAM. Sebab hal itu akan banyak menimbulkan kerugian bagi warga.


"Kami menolak pembangunan tersebut karena rawan menimbulkan banjir, polusi debu akibat pengangkutan tanah bekas galian, dan kesulitan bagi warga yang membuka usaha warung di rumahnya," ungkap para pengunjukrasa.


Mereka juga menegaskan bahwa warga Jalan Jambi, Lingkungan V Kelurahan Rambung Barat, tidak mau mengalami kesusahan seperti yang dialami warga Jalan Gunung Jaya Wijaya dan Jalan Jambi, Kelurahan Binjai Estate. Sebab, akibat penggalian jalan untuk pipa SPAM yang tidak tepat waktu, akhirnya menimbulkan banjir serta polusi debu.


Menyikapi keluhan warga, Lurah Rambung Barat, Edy Febrianto, menampung aspirasi warga dan berjanji akan menyampaikan kepada Camat Binjai Selatan.


"InsyaAllah kami akan mengadakan pertemuan dengan warga Lingkungan V Kelurahan Rambung Barat, pada esok hari sekira Pukul 14.00 Wib,  di kantor Lurah Rambung Barat," ucapnya.


Sebagai Lurah Rambung Barat, Edy Febrianto juga berjanji akan menghadirkan pihak PT Hutama Karya, dan juga Camat Binjai Selatan.


"Kami harap warga agar hadir dalam pertemuan itu guna menyampaikan langsung keluhannya kepada PT Hutama Karya," kata Edy Febrianto. (Kus)