Iklan

Rabu, 03 November 2021, 21.33.00 WIB
Last Updated 2021-11-03T14:33:09Z
Berita Hari Ini

Warga Protes Ke PT Abipraya Hutama Terkait Proyek SPAMpul

Berita Viral
Puluhan warga demo PT Abipraya


 Deli Serdang - Metrolangkat-binjai.com


Puluhan masyarakat yang mengaku sebagai warga Dusun XV Desa Sei Semayang, menggeruduk Kantor PT Abipraya-Hutama/HK KSO, yang beralamat di Perumahan Grand Banten No C3 Desa Sei Semayang, Diski, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (3/11) siang.


Kedatangan puluhan warga tersebut guna melakukan "Protes" terkait Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dinilai telah merusak rumah warga dan mengganggu aktifitas warga setempat.


Beberapa tuntutan pun disampaikan masyarakat dalam aksi protes tersebut. Sebab, selain merusak rumah warga dan mengganggu aktifitas masyarakat, warga juga menilai kalau PT Abipraya-Hutama/HK KSO, terkesan membandel dan tidak memikirkan dampak dari pembangunan proyek itu.


Adapun tuntutan masyarakat kepada PT Abipraya-Hutama/HK KSO, diantaranya :


- Segera melakukan perbaikan akses Jalan warga, yaitu Jalan Kasuari dan Jalan Garuda ll, paling lambat sampai dengan tanggal 9 November 2021


- Segera melakukan perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat pelaksaan pekerjan paling lambat sampai dengan tanggal 9 November 2021


- Apabila ada Truck yang terperosok dan menimpa rumah pada simpang Garuda l, hal itu menjadi tanggung jawab pihak Proyek


- Memperbaiki perabot masyarakat yang terkena banjir di akibatkan oleh proyek


- Bersedia mengobati anak anak atau warga yang terkena Paku atau material proyek dampak dari pembangunan proyek


- Warga tidak setuju penggalian di Jalan Kirap Remaja, apabila belum melakukan perbaikan pada akses Jalan Kasuari dan Jalan Garuda ll. 


Usai melakukan aksi protes dan menyuarakan tuntutannya, akhirnya dilakukan pertemuan antara warga dan pihak PT Abibraya Hutama/HK KSO.


"Adapun hasil dari pertemuan tersebut bahwa Pihak dari PT  Abipraya-Hutama/HK KSO, menerima keluhan kami dan akan menindaklanjuti apa yang menjadi tuntutan warga," ungkap salah seorang yang menggelar aksi protes. 

Proyek SPAM yang diprotes masyarakat


Hadir dalam pertemuan itu, PT Abipraya-Hutama/HK KSO yang diwakili oleh Akbar dan Saragih, Kepala Dusun XV Desa Sei Semayang Edi Kuswono, Babinsa Koramil 01/Sunggal Serda Edi Erpianto, serta pukuhan masyarakat yang melakukan aksi protes.


Diketahui, aksi protes sebelumnya juga pernah terjadi di Kota Binjai kepada PT Abipraya-Hutama/HK KSO, yang juga melakukan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum di Jalan Gunung Jaya Wijaya, Kelurahan Binjai Estate, Kecamatan Binjai Selatan.


Warga menilai, pihak kontraktor (PT Abipraya-Hutama/HK KSO) sama sekali tidak memperdulikan keluhan serta kesehatan sekitar. Sebab, sisa dari pembuangan tanah yang dibawa oleh truk dari pembangunan proyek tersebut, berserakan di Jalan yang dilintasi dan tidak disiram air.


Hal itu tentunya menuai protes dari masyarakat, khususnya warga sekitar. Puncaknya, belasan warga menggeruduk Kantor Kelurahan Binjai Estate, guna menyampaikan keluhannya.


"Ya bang...waktu itu warga sempat mendatangi Kantor Lurah karena pihak kontraktor tidak memikirkan kami sebagai warga sekitar. Namun sampai sekarang pun mereka (Kontraktor-red) tetap tidak peduli dengan hal itu," ungkap warga sekitar yang mengaku bernama Isma.


Banyak debu apabila cuaca panas serta licinnya Jalan saat diguyur hujan dikarenakan sisa material tanah yang berserakan di Jalan tidak disiram oleh pihak Kontraktor sehingga dapat membahayakan bagi para pengguna Jalan, merupakan salah satu keluhan dari warga sekitar.


Belum lagi para Pedagang disekitar pembangunan proyek yang terpaksa tidak bisa berjualan dikarenakan akses Jalan yang ditutup dampak dari pengerjaan proyek. (Tra)